Home Teknopedia Windows Melarang Aplikasi Emulator dari Windows Store

Windows Melarang Aplikasi Emulator dari Windows Store

73
BAGIKAN

Ada berbagai macam aplikasi emulator di Windows Store, termasuk untuk memainkan game Xbox dan Play Station. Hal ini memungkinkan gamer untuk bermain game favorit pada PC mereka. Tetapi, sekarang Microsoft telah secara resmi melarang perangkat lunak tersebut dari Windows Store.

Aplikasi emulator sejak lama menjadi subyek permasalahan hukum, karena kekhawatiran tentang pelanggaran hak cipta dan kekayaan intelektual, dan sekarang Windows mengambil langkah tersebut. Para pengembang emulator seperti NES dan NESBox adalah salah satu contoh dari pelanggaran ini, aplikasi mereka dihapus dan harus mengikuti aturan dari Windows Store. Hal ini tidak hanya terjadi pada Windows 10, tetapi juga pengguna Xbox One.

Seperti yang dikatakan Ars Technica, pengembang NESBox menampilkan satu baris dari aturan Windows Store: “Aplikasi yang meniru sistem permainan tidak diperbolehkan pada setiap perangkat”. Semua pengembang emulator juga diberitahu tentang perubahan itu, dan aplikasi mereka dihapus.

Peraturan ini adalah berita buruk bagi orang yang menjalankan game dari platform lain pada perangkat Xbox One, atau sebuah aplikasi untuk menjalankan konsol game di PC mereka. Tentu saja, tidak memblokir semua aplikasi, namun ini berarti bahwa siapapun jangan pernah menginstall aplikasi emulator yang diperoleh dari sumber tidak resmi.

Menariknya, larangan tersebut hanya untuk aplikasi emulator dari jenis permainan yang mencakup konsol dan juga emulator arcade seperti MAME. Secara teknis, aplikasi emulator tidak melanggar sistem operasi lain, sehingga emulator MacOS masih bisa berjalan.