Home Teknopedia Windows 7 dan 8.1 Akan Berhenti Update Pada Bulan November

Windows 7 dan 8.1 Akan Berhenti Update Pada Bulan November

751
BAGIKAN

Setelah 31 Oktober Tahun Depan, satu-satunya versi yang menerima update perangkat lunak adalah Windows 10.

Masih ingin membeli PC dengan sistem operasi Windows 7 dan 8.1 dan membawanya pulang? Anda punya waktu kurang dari setahun menggunakannya.

Update terbaru¬†pada bulan November, “Fakta tentang Windows” Microsoft telah menentukan 31 Oktober 2016 sebagai “akhir penjualan untuk PC dengan Windows terinstal didalamnya” untuk Windows 7 Professional dan Windows 8.1, dikutip dari situs CNET dan ZDNET. Setelah tanggal tersebut, satu-satunya pilihan bagi konsumen adalah membeli komputer baru dengan sistem operasi Windows 10. Pengecualian berlaku untuk mereka yang membeli license resmi akan mendapatkan update windows versi selanjutnya yakni windows 10.

Batas waktu ini membuat para konsumen yang telah nyaman dengan Windows 7 dan enggan untuk meng-upgrade sistem operasi mereka harus membeli sistem operasi baru atau meng-upgradenya ke windows 10. Bagi Microsoft, ini adalah langkah penting dengan tujuan untuk memiliki konsumen sekitar 1 milliar pengguna termasuk pengguna PC, tablet dan ponsel.

Sebagian pengguna Windows 7 mungkin tidak menyadari hal ini. Microsoft biasanya menghentikan update versi Windows setiap dua tahun setelah versi terbaru di rilis. Tanggal berhenti update Windows 7 seharusnya pada bulan Oktober 2014, dua tahun setelah peluncuran Windows 8. Namun, kurangnya peminat untuk Windows 8 membuat Microsoft harus mengaktifkan Windows 7 lebih lama dari yang diharapkan.

Bagi pengguna yang ingin terus menggunakan Windows 7 pada PC mereka tidak perlu khawatir. Akan tersedia dukungan teknis sampai 14 Januari 2020, Anda masih bisa mendapatkan patch security, perbaikan bug dan update lainnya. Jenis yang sama untuk Windows 8 sampai dengan 10 Januari 2023.

Meskipun batas waktu diperpanjang untuk Windows 7 dan 8.1, Microsoft sangat ingin pengguna menggunakan sistem operasi Windows 10.

Sistem operasi terbaru yang diluncurkan pada akhir Juli yakni Windows 10, menyediakan upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan 8.1 yang ingin pindah hanya untuk tahun pertama. Microsoft sering memunculkan notifikasi pop-up upgrade untuk mengingatkan orang-orang agar menginstal sistem operasi baru dengan keamanan sistem yang lebih baik.

Baca Juga: Review Windows 10

Perusahaan juga telah mengklasifikasikan Windows 10 sebagai “opsional update” dan awal tahun depan Microsoft akan merubahnya menjadi “pembaruan yang di rekomendasikan,” kata wakil presiden eksekutif Windows dan Perangkat Grup Terry Myerson pekan lalu.