Home Darah Muda Tradisi Paling “Lumrah” Saat Kamu Ulang Tahun Di Indonesia

Tradisi Paling “Lumrah” Saat Kamu Ulang Tahun Di Indonesia

1019
SHARE
Tradisi Ulang Tahun Di Indonesia
Image: grandsapphire.co.uk

Ulang Tahun merupakan momen yang paling di tunggu selain pengumuman kelulusan dari sebuah ujian dan saat antri kebelet boker di WC umum. Yap, ulang tahun merupakan agenda tahunan yang hanya terjadi setahun sekali, tentunya kejadian yang hanya terjadi setiap setahun sekali ini harusnya dilewatkan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Namun, ada beberapa orang yang atau hampir kebanyakan orang menghabiskan waktu Ulang Tahun nya dengan hal-hal yang biasa saja. Hal-hal yang sudah menjadi rutinitasnya sehari-hari. Semua berharap pada hari ulang tahun mendapatkan sesuatu yang spesial, entah itu dari teman dekat, teman yang baru, teman yang ada maunya, atau bahkan dari mantan sekalipun.

Tapi hal tersebut dapat dibilang mustahil, jika Ulang tahun nya dirayakan di Indonesia. Berikut merupakan hal-hal yang “lumrah” terjadi saat seseorang sedang merayakan Ulang Tahun nya di Indonesia :

Di Minta Traktir

Hal yang pertama kali di dapatkan oleh seseorang yang sedang merayakan ultah nya, bukan mendapatkan sebuah kado ataupun ucapan selamat, melainkan mendapatkan sebuah tagihan untuk mentraktir teman-temannya. Entah teman kumpulannya, bahkan yang gak dikenal pun ikut-ikutan.

Membuat Cake Ultah

Ini merupakan istilah buat seseorang yang sedang merayakan ultah nya, yap hal ini dilakukan biasanya bertujuan untuk memberikan kejutan bagi seseorang yang sedang merayakan ultahnya. Kejutan yang dibayangkan ialah diberikan sejumlah kado dan makanan, tapi bukan Indonesia namanya kalo tidak berbeda, Indonesia melakukan sebaliknya yaitu memberikan sejumlah lemparan tepung, beberapa siraman air yang entah darimana asalnya, bahkan sejumlah lemparan telor. Tinggal diberikan backing powder dan bumbu seseorang yang berulang tahun tersebut sudah layak dijadikan sebuah kue ultah.

Gak Dapat Kado

Hal yang wajar bukan jika seseorang yang ultah berharap mendapatkan kado dari orang-orang terdekatnya, namun hal ini sangat jarang terjadi di Indonesia. Bukan menjadi manusia yang tak pandai bersyukur, tapi kurang afdol rasanya jika seseorang yang ultah tidak mendapatkan sebuah kado. Hanya beberapa ucapan selamat bahkan dari seseorang yang selamat juga memberikan ucapan selamat.

Sosial Media “Jagonya”

Apakah saat ulang tahun kamu tidak mengecek timeline facebook? pasti kamu mengeceknya. Namun ada beberapa “keganjilan” menurut saya. Kenapa? alasannya simple, contohnya facebook kita memiliki teman lebih dari 1.000, namun dari 1.000 tadi hanya ada beberapa orang terdekat yang mengenal dan memberikan kita ucapan selamat ulang tahun melalui wall facebook. Kado spesialnya berupa thumbs up dan komentar.

Namun, memang diakui bahwa setiap negara memiliki tradisi untuk merayakan ultah seseorang, dan Indonesia mempunyai tradisi tersebut. Jadi buat yang sedang merayakan ulang tahun pada hari ini, Selamat Ulang Tahun, semoga sehat selalu dan manfaatkan usia dan waktu mu untuk hal-hal yang berguna.

SHARE