Home Top 10 Top 10 Band Indonesia yang Mendunia

Top 10 Band Indonesia yang Mendunia

13496
BAGIKAN

Sekarang ini banyak sekali band-band atau musisi-musisi baru yang muncul tiap harinya. Tapi tidak semuanya mampu bersaing dan berhasil di blantika musik Indonesia, apalagi bisa sukses di luar negeri. Seperti yang kita tahu bahwa sebetulnya banyak grup band Indonesia yang terkenal di luar sana. Tapi walaupun band tersebut terkenal di dunia tetapi justru beberapa band tersebut malah kurang dikenal namanya di negeri kita sendiri. Mari kita simak Top 10 Band Indonesia yang Mendunia.

10. GOODNIGHT ELECTRIC

Pada pertengahan tahun 2002an hingga 2007an adalah masa-masa kejayaan Band-Band Indie. Salah satunya adalah Goodnight Electric. Band ini merupakan salah satu band indie Indonesia yang berhasil menembus pasaran ASIA. Jenis musik mereka yang berbeda yaitu tekno beat yang dapat membuat alunan musik seperti tahun 80an dapat membuat kagum anak muda di Asia. Musik mereka yang khas dan aneh menjadikan mereka selalu tampil berbeda daripada band lainnya.

9. KILLING ME INSIDE

Pada album mereka berjudul A Fresh Start for Something New yang dirilis pada awal Desember 2008 dibawah kendali Label Indie Fast Youth Records, lagu “Torment” yang menjadi single langsung membuat nama Killing Me Inside terkenal di dunia musik indie Indonesia. Killms juga melakukan debut launching albumnya di 2 Negara yaitu Indonesia dan Malaysia

8. THE S.I.G.I.T

Grup band indie asal bandung, jawa barat ini ternyata sudah terkenal di dunia musik indie Indonesia. Mereka merupakan grup band yang mengusung aliran Rock `n Roll Alternatif ini sangat khas dengan instrumen musik-musiknya. Mereka sudah merajai musik indie semenjak tur mereka keliling Australia dan Eropa. Berkat eksistensi mereka di dunia musik indie, banyak kalangan yang menduga bahwa mereka adalah sesepuh band indie Indonesia.

7. NIDJI

Pada tahun 2014 Grup band Nidji ini merilis album yang dikhususkan untuk lagu-lagunya yang dijadikan soundtrack. Selain film dalam negeri, lagu Nidji masuk dalam soundtrack serial Heroes yang diproduksi oleh Star World. Lagu Heaven dari album ‘Breakthru’ menjadi theme song trailer untuk Heroes season 2, sedangkan Heaven dari album Top Up menjadi soundtrack film di season 3. Sungguh membanggakan, karena serial ini menjadi serial yang sangat populer di seluruh dunia.

6. MOCCA

Mocca adalah kelompok musik indie asal Bandung. Album mereka “My Diary” (2003) dengan label indie “FFWD”, meledak di pasaran. Lagu-lagu seperti “Secret Admirer” dan “Me and My Boyfriend” menjadi hits di mana-mana. Video klip “Me and My Boyfriend” mendapat penghargaan sebagai “best video of the year” versi MTV Penghargan Musik Indonesia 2003. Bahkan mereka menandatangani kontrak dengan salah satu indie records di Jepang, Excellent Records, untuk mengisi satu lagu dalam album yang format rilisannya adalah kompilasi book set (3 Set) yang berjudul “Pop Renaisance”. Ada 3 disc yang diedarkan di Jepang dan Mocca berada di disc no. 2 dengan lagu “Twist Me Arround”.

5. WHITE SHOES AND THE COUPLES COMPANY

White Shoes & The Couples Company adalah sebuah band beraliran pop/funk/jazz dari Jakarta. saat ini band tersebut terikat kontrak dengan independent label dari Jakarta, Aksara Records dan label independen dari Chicago, Minty Fresh. Mereka semakin eksis di INDONESIA berkat lagu-lagunya yang bernuansa 80-an. dan juga gaya panggung mereka yang unik ketika menggunakan pakaian jadul alias 80-an.

4. BURGERKILL

Band yang mengusung genre metalcore / hardcore ini mendapat tawaran dari perusahaan rekaman independent Malaysia, Anak Liar Records yang berakhir dengan deal merilis album Three Ways Split bersama dengan band Infireal (Malaysia) dan Watch It Fall (Perancis). Mereka menjadi nominator Band Independent Terbaik ala majalah NewsMusik di tahun 2000. Awal tahun 2001 pun mereka berhasil melakukan kerjasama dengan sebuah perusahaan produk sport apparel asal Amerika: Puma yang selama 1 tahun mensupport setiap kali Burgerkill melakukan pementasan. Dan sejak Oktober 2002 sebuah produk clothing asal Australia: INSIGHT juga mensupport dalam setiap penampilan mereka.

3. GIGI

Tahun 1997 adalah tahun serba baru bagi GIGI. Selain dua pemain baru dan konsep musik baru, perusahaan rekamannya pun baru. Sebenarnya kondisi lain yang diharapkan harusnya baru juga, ternyata tidak begitu, Album yang diberi nama “2 X 2“ yang dapat dikatakan album tereksklusif GIGI tersebut yang proses pengambilan suaranya di lakukan di Indonesia dan Amerika, proses penyempurnaan keseluruhan ( Mixing dan Mastering ) di lakukan sepenuhnya di Amerika kurang dipromosikan secara maksimal, akibatnya album yang bekerjasama dengan Musisi Dunia seperti Billy Sheehan ( Bassist Mr. BIG ), Harry Kim dan Arturo Velasco (Phil Collins Brass Sections), Eric Marienthal (Saxophone Solo) hasil yang diharapkan tidak seperti yang ditargetkan. Untung ada Program tour 100 Kota dari Management GIGI yang paling tidak membantu meningkatkan penjualan kaset.

2. GUGUN BLUES SHELTER

Aliran musik blues mungkin masih belum populer di Tanah Air. Namun Gugun Blues Shelter, band asal Indonesia, justru mendunia karena genre musik blues. Trio pemusik ini memenangi kompetisi tingkat internasional dan tampil sebagai band Indonesia dan Asia Tenggara pertama di festival musik terbesar di dunia di Hyde Park, London, Inggris, akhir Juni silam. Gugun Blues Shelter memang tak mau setengah-setengah. Kini, mereka bergabung di bawah naungan Grooveyard Record, sebuah label kumpulan dari gitaris top dunia yang bermarkas di Amerika. Album mereka juga sudah dirilis di Negeri Paman Sam, yang hanya dipasarkan di Benua Amerika dan Eropa.

1. THE TIELMAN BROTHERS

The Tielman Brothers adalah sebuah grup musik asal Indonesia. Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal Semarang Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers adalah band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.