Home Wajib Tahu Tidur Siang, Sepele Namun Perlu Kamu Biasakan Mulai Dari Sekarang

Tidur Siang, Sepele Namun Perlu Kamu Biasakan Mulai Dari Sekarang

287
BAGIKAN

Banyak yang masih berpikir tidur siang identik dengan orang-orang pemalas, namun siapa yang menyangka bahwa tidur siang mempunyai banyak manfaat. Tidur siang yang cukup dapat memperbaiki kualitas tidur yang bermasalah di malam hari. Menurut peneliti waktu terbaik untuk tidur siang adalah antara jam 2 sampai 3 dengan durasi tidak lama. 30 menit saja sudah cukup untuk memulihkan kondisi tubuh dalam kondisi terbaik.

Jadi bagi kamu yang masih menyepelekan manfaat dan nikmatnya tidur siang alasan-alasan berikut bisa merubah stigma negatif kamu

1. Bagi Yang Bermasalah Dengan Daya Ingat, Tidur Siang Bisa Menjadi Solusi Tepat.

Daya Ingat
via dailyreference.com

Dengan semakin bertambahnya umur, seseorang biasanya akan mengalami penurunan daya ingat namun hal tersebut bisa di atasi dengan cara tidur  yang konsisten. Meskipun efeknya tidak secara signifikan bagi lansia namun paling tidak sudah bisa menundanya. Sedangkan bagi anak-anak bisa membantu dalam proses belajar.

2. Mood Lagi Kurang Baik ? Kenapa Tidak Tidur Siang Saja.

Bad mood
via terrytech.com

Selain meningkatkan fungsi otak, tidur siang yang cukup juga dapat meningkatkan mood dan rasa kepuasan. Mungkin dari kamu pernah mengalaminya ketika bangun dari tidur entah mengapa pikiran dan suasana hati jadi jauh lebih baik padahal sebelum tidur kita dalam kondisi yang stress, marah ataupun mood yang buruk. Itu kerena efek dari senyawa serotonin dalam otak. Serotonin adalah senyawa kimia dalam otak yang berfungsi untuk memperbaiki suasana hati dan meredakan rasa stress yang berlebihan.

3. Rasa Lelah Yang Sangat, Tiba-Tiba Menghilang Saat Bangun

Lelah
via rd.com

Intensitas pekerjaan yang berat tentu dapat mempengaruhi kondisi tubuh yang awalnya fit menjadi lelah. Ini menandakan bahwa tubuh sudah tidak dapat menahan beban yang berlebihan sehingga butuh masa recovery yang cukup. Ini alasan kenapa pekerja bangunan akan memanfaatkan jeda istirahatnya dengan tidur. Tidak perlu lama, cukup 30 menit saja sudah memberikan masa pemulihan pada tubuh.

4. Tidur Adalah Kunci Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Memunculkan ide-ide Brillian.

Kreatifitas dan ide
via proessaywriter.net

Tidur di siang dan malam yang berkualitas secara tidak langsung akan memberikan waktu kepada otak untuk istirahat dari segala bentuk aktifitas. Tentu ini akan berdampak pada kondisi otak yang jauh lebih fresh. Inilah sebabnya kenapa kita akan jauh lebih mudah untuk menggali kreatifitas dan ide brilian lebih dalam.