Home Fakta Menarik Masih Berpikir Indonesia Itu Panas? Berikut Tempat Terpanas di Bumi

Masih Berpikir Indonesia Itu Panas? Berikut Tempat Terpanas di Bumi

103
BAGIKAN

Mungkin kita sering berpikir bahwa negara kita indonesia saat siang hari terkadang panasnya bukan main, rata – rata suhu di indonesia saat siang ada pada kisaran 25°C – 36°C. Banyak faktor kenapa suhu disini terasa begitu panas selain karena faktor terletak pada garis khatulistiwa pemanasan global juga salah satu penyebabnya.

Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa suhu di tiap waktu dan tempat kadang kalanya sering berubah karena itu memang fenomena alam. Itulah sebabnya beberapa tempat di indonesia juga mempunyai suhu yang berbeda tergantung dari faktor penyebabnya. Pada daerah pegunungan yang masih asri suhunya bisa lebih dingin dari pada daerah perkotaan.

Namun beberapa tempat berikut suhu panasnya bisa dibilang konsisten bahkan pada waktu-waktu tertentu panasnya bisa makin ekstrim. Dengan suhu panas semacam itu apakah ada peradaban manusia ? Hemm..beberapa tempat masih dihuni oleh manusia. Berikut tempat terpanas di dunia

1. Lut Dessert, Iran

Tempat terpanas - Lut dessert
via irandoostan.com

Menurut NASA (Lembaga Antariksa Amerika) Lut dessert merupakan gurun paling panas di planet ini. Tercatat pada tahun 2005 suhu panas disini mencapai rekor tertinggi yaitu 159°C. Bahkan bakteri sekalipun sulit untuk hidup disini.

2. Death Valley, USA

Tempat terpanas - Death valley
via nationalparks.org

Salah satu taman nasional yang ada di Amerika. Merupakan daerah yang sangat kering, panas dan terendah di sana. Pada tahun 1913 suhu di death valley sempat mencapai rekor tertinggi mencapai 134°F.

3. El – Azizia, Libya

Tempat terpanas - El Azizia
via digitalalcohol.net

Gurun yang terletak di benua afrika ini pernah mencapai suhu panas tertinggi yaitu 136.4°F pada tahun 2012. Pada musim panas normal suhu di tempat ini mencapai 120°F.

4. Dallol, Ethiopia

Tempat terpanas - Dallol
via youtube.com

Merupakan tanah geologis dengan kandungan garam, sumber air panas dan gas geyser. Secara visual terlihat seperti kawan gunung berapi bahkan ia dinobatkan sebagai gunung berapi sub-udara terendah di dunia. Suhu di sini saat musim panas bisa mencapai 114°F.

5. Wadi Halfa, Sudan
Tempat terpanas - wadi halfa
via flooresotorica.com

Kota yang terletak di tepi danau nubia, sudan ini setiap bulan agustus akan menghadapi gelombang panas yang berbahaya dengan suhu pernah mencapai rekor tertinggi yaitu 116°C dalam beberapa tahun terakhir.