Home Genre Telusur Lebih Dalam Makna Lagu ‘SEPHIA’

Telusur Lebih Dalam Makna Lagu ‘SEPHIA’

13663
SHARE
Telusur Lebih Dalam Makna Lagu 'SEPHIA'

Hey, Sephia Malam ini ku takkan datang. Sepenggal dari bait lirik ini yang diciptakan oleh band asal Jogja Sheila on 7. Sheila On 7 adalah band yang berdiri di pada tahun 1996 dengan personilnya yakni Duta (vokal), Adam (bass), Eross (gitar), Sakti (gitar), dan Anton (drum). Perubahan formasi band terjadi dua kali, yang pertama pada Oktober 2004, Brian masuk menggantikan Anton yang dikeluarkan karena dianggap tidak disiplin. Kemudian pada Maret 2006, Sakti mundur untuk belajar di Pakistan. 

Walaupun demikian, band ini tetap menghibur pendengar musik di tanah air dengan single lagu yang beberapa waktu lalu sempat booming yakni Lapang Dada di Album musim yang baik.

Tapi, dibalik suksesnya lagu-lagu yang diciptakan oleh band ini, Penulis coba menelusuri sebuah lagu yang penulis anggap agak mistis dan jarang di nyanyikan hingga selesai. Lagu itu berjudul ‘SEPHIA‘.

Kenapa penulis mengatakan lagu ini mistis? coba deh kamu dengarkan menjelang tengah malam, sekitar jam 12.00 dan kamu dengarkan secara berulang ulang sendirian dalam keadaan sepi.

Suara gitar dan vokal pada awal lagu ‘kurang’ enak di dengarkan secara terus menerus saat tengah malam.

Adapula cerita dari beberapa sumber yaitu seperti di bawah ini :

Ceritanya gini, pada suatu malam saat Eross sedang memainkan gitar kesayangannya untuk menciptakan bait-bait lagu, tiba-tiba telepon rumahnya berdering. Setelah diangkat ternyata suara seorang wanita yang mengaku bernama Sephia.

Tentu saja Eross menjadi sangat bingung karena ia tidak mengenal gadis dengan nama Sephia itu, lantas dia bertanya kepada sephia darimana dia tau nomor telepon rumahnya dan Sephia menelpon darimana.

Kemudian dijawab jika dia mengetahui nomor telepon rumah Eross dari seorang fans dan dia menelpon dari sebuah telepon umum yg ada didepan rumah Eross. Karena merasa penasaran, Eross pun lantas mengecek telepon umum yang ada didepan rumahnya, dan apa yang terjadi? ternyata ditempat telepon umum itu tidak ada siapa-siapa.

Dan yang lebih membuat Eross kaget, gagang telepon umum itu melayang-layang sendiri seperti sedang digunakan oleh seseorang yang sedang menelepon. Tentu saja Eross langsung ketakutan dan buru-buru menutup telpon dari sephia.

Esoknya, eross pun langsung mencari info tentang gadis yang bernama Sephia itu. Beberapa lama kemudian, eross pun dapat menemukan info alamat rumah sephia dan eross pun segera mendatanginya.

Setelah sampai dirumah Sephia, eross pun lantas dipersilakan masuk oleh orang tua sephia, kemudian eross pun menceritakan tentang hal yang dia alami tadi malam kepada orang tua sephia, tentu saja orang tua sephia langsung kaget dan sedih mendengar cerita eross.

Orang tua sephia pun lantas menceritakan tentang anaknya itu. Sephia itu ternyata adalah fans berat Sheila On 7 yg tewas kecelakaan saat akan menonton könser Sheila On 7 beberapa bulan yang lalu. Dan bisa ditebak siapa yg menelepon eross tadi malam, yaitu arwah sephia. Kemudian eross diajak oleh orang tua sephia ke kamar sephia, disana tertempel begitu banyak poster-poster grup Sheila On 7 di dinding kamar sephia.

Orang tua sephia kemudian mengajak eross mengunjungi makam sephia. Disana, eross memanjatkan doa untuk ketenangan arwah fans berat grupnya itu.

Karena peristiwa itu pun eross lantas menciptakan lagu yg berjudul “Sephia” dengan maksud untuk memberikan penghormatan dan kenangan untuk arwah sephia di alam sana. Dan eross pun lantas menempeli huruf-huruf bertuliskan “I LOVE SEPHIA”dibelakang gitar kesayangannya dan selalu ditunjukkan kepada penonton disetiap akhir lagu Sephia pada tiap-tiap konser sheila on 7.

Selain Cerita Mistis diatas adapula yang berkata demikian :

Seno Gumira menyebut kisah Sephia sebagai kisah cinta segitiga yang lumayan seru. Kekasih Sejati mencintai Sephia, Sephia mencintai Aku, dan Aku telah memutuskan meninggalkannya. Meminjam teori cinta milik Erich Fromm, Seno menyebut cinta Aku ini lebih dewasa daripada cinta Sephia karena Aku tidak memberi sebagai pengorbanan.

Formula lagu hubungan gelap dengan set waktu malam hari beserta bumbu aura misterius didalamnya membuat Sephia menjadi popular. Eross seperti paham karakter perilaku manusia selaku makhluk sosial. Latar waktu malam hari lewat nukilan lirik malam ini kutakkan datang dan malam ini kutakkan pulang menambah teka-teki lirik ini.

Menurut Penulis lagu ini nyaman di dengarkan ketika pagi ataupun siang hari, namun ketika menjelang tengah malam dalam suasana sepi, lagu ini sedikit mengandung Mistis.

Bagaimana, apakah kamu bisa menebak dengan tepat maksud dari lagu ini sehingga tidak pernah di nyanyikan hingga selesai ketika Sheila On 7 konser ataupun manggung dalam sebuah acara live?

SHARE
Kaka Yernis
Kalau Kebersihan adalah sebagian dari Iman, maka Menulis adalah sebagian dari Khayalan. Ingin kenal, mention aja twitternya!