Home Soulicious Selamat Tinggal Lagu Kenangan, Selamat Tinggal Ekstensi MP3

Selamat Tinggal Lagu Kenangan, Selamat Tinggal Ekstensi MP3

225
BAGIKAN

Ekstensi  MP3 secara resmi telah berakhir. Pengembang codec audio digital awal mengumumkan bahwa minggu ini pihaknya telah mengakhiri perjanjian lisensi, menyerahkan format yang lebih fleksibel sebagai standar baru untuk file audio.

Fraunhofer Institute, yang memberi lisensi paten MP3 untuk pengembang perangkat lunak mengatakan bahwa codec MPEG terbaru seperti AAC “dapat menghadirkan kualitas bitrate audio yang lebih baik dibandingkan dengan MP3”.

Selamat Tinggal Lagu Kenangan, Selamat Tinggal Ekstensi MP3

Keputusan tersebut kemungkinan tidak akan berdampak besar pada industri audio digital, karena kebanyakan layanan streaming dan layanan lainnya sudah menggunakan format yang lebih baru. Sementara itu, ekstensi MP3 masih tetap bisa di dengarkan, format ini memiliki dampak yang sangat besar pada dunia suara digital.

Dengan berakhirnya ekstensi MP3, membuat format M4A (Apple) menjadi sangat dominan dalam perangkat musik ataupun distribusi. iPod dan  iTunes membantu perusahaan ke puncak industri audio digital.

MP3 dalam beberapa hal merupakan inovasi yang membuat audio mudah dibagikan, namun karena kompresi kualitasnya yang buruk, tidak mungkin format ini bisa kita nikmati lagi pada kaset cd ataupun piringan hitam (vinyl).