Home Flashnews Seekor Hiu Paus Ditemukan Terdampar di Perairan Gresik

Seekor Hiu Paus Ditemukan Terdampar di Perairan Gresik

379
BAGIKAN

Seekor hiu paus (Rhincodon typus) ditemukan mati terdampar di perairan Gresik yang kemudian dievakuasi oleh nelayan ke pinggir pantai Balai Keling, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (30/5). Hewan yang berkelamin betina ini pertama kali ditemukan oleh Nelayan Gresik sekitar pukul 09:00 WIB, dilansir nyindir.com, Rabu (31/5) dari Mongabay.

Seekor Hiu Paus Ditemukan Terdampar di Perairan Gresik
Hiu Terdampar di Perairan Gresik. (Foto: BKSDA Jawa Timur)

“Penyebab pasti satwa ini mati masih dalam tahap penyelidikan. Otopsi yang kami lakukan menunjukkan tidak ada bekas luka sehingga kemungkinan mati karena telah berumur,” tutur Ayu Dewi, Selasa (30/5).

Setelah dilakukan pemeriksaan, hiu tersebut kembali ditarik nelayan ke tengah laut untuk ditenggelamkan. Hal ini karena kondisinya yang mulai menimbulkan aroma kurang sedap.

Amang Raga dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mengatakan, hiu paus yang ditemukan mati terdampar itu kemungkinan besar karena sakit. Meski demikian, secara detail harus  dilakukan nekropsi untuk mengetahui penyebab pasti kematiannya.

Selain itu, kondisi perairan Gresik yang tidak berbeda jauh dengan perairan di Surabaya bisa menjadi salah satu penyebab matinya hiu paus. Tingginya aktivitas kapal, serta pembuangan limbah dekat kawasan industri dapat menjadi faktor penyebab sakitnya hiu paus hingga akhirnya mati.