Home Flashnews Sebuah Akun Jurnalis Diblokir Setelah Dia Memosting Tuduhan Korupsi Melalui Facebook

Sebuah Akun Jurnalis Diblokir Setelah Dia Memosting Tuduhan Korupsi Melalui Facebook

Matthew Caruana Galizia adalah bagian tim yang memecahkan masalah Panama Papers

78
BAGIKAN

Seorang jurnalis bernama Matthew Caruana Galizia mempublikasikan sesuatu melalui Facebook, menuduh bahwa Perdana Menteri Malta, Juseph Muscat terlibat dalam kasus dugaan korupsi. Beberapa hari berselang, Galizia tidak bisa menggunakan akun facebooknya dan postingannya telah dihapus.

Sebuah Akun Jurnalis Diblock Setelah Dia Memosting Tuduhan Korupsi Melalui Facebook
Matthew Caruana Galizia. (Foto: Facebook)

Galizia adalah bagian dari tim yang memecahkan masalah Panama Papers tahun lalu dan postingannya tersebut muncul beberapa minggu sebelum negara tersebut mengadakan pemilihan umum pada bulan Juni mendatang.

“Koran tidak membahas lebih detail masalah ini dan tidak menyangka respons mereka luar biasa,” ujarnya.

Setelah penerbitan postingan tersebut, Perdana Menteri Muscat mengancam akan menuntut jurnalis karena telah memfitnah. Pada tanggal 16 Mei Galizia tidak bisa mengakses akun facebooknya, dikutip nyindir.com, Senin (22/5) dari The Guardian.

“Kami sedang menyelidiki postingan ini dan telah berbicara dengan Mr. Caruana Galizia sehingga dia dapat mempublikasikan apa yang dia butuhkan, tanpa menyertakan rincian pribadi yang bisa mengancam keselamatannya. Jika kami membuat kesalahan, maka kami akan memperbaikinya” tutur juru bicara Facebook.

Insiden tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana perusahaan media sosial memoderasi konten secara online dan Galizia mengatakan kepada The Guardian bahwa kejadian ini “membuatnya menyadari betapa berbahanya media sosial bagi seorang jurnalis”.