Home Filmatografi Review: Hunger Games – Mockingjay Part 2

Review: Hunger Games – Mockingjay Part 2

735
BAGIKAN

Dokter membuka gips di leher Katnis, lamat-lamat Katniss mencoba berkata sesuai arahan Haymitch tapi pita suaranya masih bengkak setelah Peeta mencekiknya. “Aku ingin menemuinya,” kata Katniss dengan suara parau. Alih-alih mengizinkan Haymitch justru berkata bahwa seseorang akan menemui Peeta dan ternyata orang itu adalah Prim. Kepada Prim, Peeta mengatakan kalau ini semua adalah kesalahan Katniss. Presiden Snow telah berhasil mencuci otak Peeta dan memasukkan kenangan palsu sehingga Peeta ragu apakah hal-hal yang pernah terjadi di masa lalunya adalah sesuatu yang nyata atau tidak. Ia membenci Katniss, mengatakan kalau Katniss adalah monster.

Review: Hunger Games - Mockingjay Part 2

Dalam upaya mereka untuk memenangkan peperangan, mereka harus berhadapan dengan Distrik 2 yang terkenal loyal kepada Capitol. Strategi melongsorkan pegunungan Rocky yang dicetuskan oleh Gale berhasil membuat pasukan loyal terdesak. Katniss dan tim propaganda baru saja akan membuat video untuk membujuk pasukan loyal agar membangkang pada Presiden Snow ketika kereta api berisi pasukan loyal mendatangi mereka. Pimpinan pasukan mengancam akan membunuh Katniss tapi perkataan Katniss yang lugas membuatnya mengurungkan niat namun sayang salah satu anak buah pasukan loyal menembak Katniss. Berita kematiannya disebarkan oleh Presiden Snow.

Beruntung baju rancangan Cinna yang dikenakan Katniss adalah baju anti peluru, ia hanya mendapatkan luka memar yang tidak terlalu parah. Di perayaan pernikahan Finnick dan Annie ia menyampaikan rencananya kepada Johanna kalau ia harus membunuh Presiden Snow.

Secara mengendap-endap Katniss menumpang pesawat yang berisi stok makanan dan obat-obatan menuju base camp. Tapi semua orang telah mengenalnya bahkan menyambutnya termasuk Presiden Coin yang melihatnya dari kamera pengawas di District 13.

Review: Hunger Games - Mockingjay Part 2

Berlainan arah dengan pasukan pemberontak dari District 2. Tim Star Squad yang dipimpin oleh Bogs bergerak menuju Capitol. Misi mereka adalah terus membuat video propaganda. Katniss tidak bisa berbuat apa-apa dan menunda rencananya untuk pergi sendirian membunuh Presiden Snow. Dalam perjalanan menuju Capitol sebuah mobil berhenti, beberapa tentara mengantarkan Peeta atas perintah Presiden Coin. Star Squad hanya bisa patuh meski mereka belum mempercayai Peeta.

Tangan Peeta diborgol dan di antara istirahat mereka Peeta mengungkapkan keragu-raguannya, bertanya beberapa kenangan yang ia tidak tahu apakah itu nyata atau tidak.

Keesokan harinya mereka melanjutkan perjalanan, pod atau jebakan dipasang di setiap sepuluh meter, holo mendeteksi pod sehingga beberapa kali mereka lolos dari pod tapi kemudian mereka lengah setelah melewati satu pod yang berhasil mereka deteksi dan menghancurkan dinding tebal. Bogs berjalan melewati pod yang sudah tidak aktif tapi tanpa diduga ia menginjak pod lain yang memicu ledakan. Katniss langsung menghampiri Bogs yang terluka parah, Bogs berpesan agar Katniss tidak mempercayai siapapun dan menyerahkan jabatan pimpinan Star Squad kepada Katniss.

Review: Hunger Games - Mockingjay Part 2

Tidak lama berselang pintu-pintu di depan dan belakang mereka tertutup, ter mengalir membanjiri jalanan. Katniss dan yang lain berlari ke tempat yang lebih tinggi. Keadaan panik itu dimanfaatkan Peeta untuk membunuh Katniss namun usahanya digagalkan oleh Finnick dan dua orang anggota tim yang kemudian tercebur ke dalam ter dan meninggal. Di dalam gedung Jackson meminta Katniss untuk menyerahkan holo namun Katniss berkata kalau Bogs telah menyerahkan kepemimpinan kepadanya dan ia berbohong dengan mengatakan bahwa Presiden Coin memerintahkannya secara khusus untuk membunuh Presiden Snow. Tim menuruti perkataan Katnis dan melanjutkan perjalanan ke rumah Presiden Snow. Mereka meninggalkan Leeg bersaudara dalam gedung tinggi itu yang tidak lama kemudian didatangi oleh peacekeeper yang mengebom gedung tersebut. Sekali lagi Presiden Snow membuat pengumuman bahwa Katniss telah meninggal dunia yang siaran langsungnya dibajak oleh Presiden Coin dan bersimpati atas kematian Katniss juga menyemangati pasukan pemberontak lain.

Review: Hunger Games - Mockingjay Part 2

Peeta semakin sadar. Tapi anggota pasukan semakin berkurang ketika Presiden Snow menurunkan banyak makhluk mutasinya untuk membunuh mereka di terowongan bawah tanah.

Dalam persembunyian mereka di rumah Tigris Presiden Snow membuat pengumuman untuk warga Capitol agar mengungsi ke rumah kepresidenan dan berjanji akan melindungi warga Capitol. Hal itu dimanfaatkan Katniss untuk melancarkan rencananya membunuh Presiden Snow. Dengan ditemani oleh Gale Katniss menyamar menjadi warga Capitol. Bersama pengungsi lain mereka menuju rumah Presiden Snow tapi di tengah jalan pasukan pemberontak mengebom warga Capitol termasuk anak-anak kecil. Katniss sempat melihat Prim yang ternyata mendaftar menjadi pasukan medis tapi belum sempat mendekati Prim ledakan kedua terjadi.

Katniss terbangun di tempat tidur dengan sang ibu yang sedang merawatnya. Haymitch berkata bahwa perang sudah usai.

Beberapa hari kemudian setelah Katniss pulih ia mendatangi sebuah taman di mana Presiden Snow dikurung, Presiden Snow berkata bahwa yang mengebom adalah Presiden Coin namun pengeboman tersebut membuat pasukannya menjadi hilang kepercayaan karena mereka menyangka Presiden Snow lah yang melakukan pengeboman, apalagi terhadap anak-anak kecil.

Presiden Coin mengadakan meeting dengan Haymitch, Katniss, Annie, Beetee, Johanna dan Peeta. Ia mengungkapkan rencananya untuk membunuh Presiden Snow, peacekeeper dan game maker, namun ia juga mengungkapkan opsi lain bahwa ia bisa memaafkan mereka asalkan Hunger Games diadakan kembali dengan warga Capitol sebagai pesertanya, sebagai upaya balas dendam. Annie, Peeta dan Beetee tidak setuju tapi Katniss setuju dengan rencana itu. Ia berkata bahwa ia harus membunuh Presiden Snow.

Dengan busurnya Katniss melangkah mendekati Presiden Snow yang diikat di sebuah tiang di alun-alun Capitol. Warga Capitol dan warga dari 13 distrik berkumpul untuk melihat hal itu.

Presiden Coin berdiri di atas podium, mempersilakan Katniss untuk membunuh sesuai dengan apa kata hatinya. Busur ditarik mengarah ke Presiden Snow yang tersenyum. Tapi sedetik kemudian busur dilepas menuju Presiden Coin. Ia tewas terjatuh. Katniss ditangkap prajurit tapi masih bisa melihat kalau warga distrik menyerbu ke arah Presiden Snow.

Haymitch mendatanginya dan membacakan surat dari Plutarch yang mengatakan bahwa Presiden Snow tewas terbunuh dan Katniss dibebaskan. Dengan ditemani oleh Haymitch Katniss kembali ke distrik 12.

Di sana ia bertemu Peeta. Mereka kembali bersama, menikah dan memiliki dua orang anak.

Watch Trailer

Mockingjay sendiri digambarkan sebagai jenis burung hasil perkawinan silang antara burung Jabberjay dan Mockingbird yang bisa meniru suara manusia, yang kemudian dijadikan simbol pemberontakan dalam novel Hunger Games.