SHARE

Tahukah kamu hari ini tanggal berapa ? Ya, hari ini adalah tanggal 1 bulan april. Lalu apa istimewanya tanggal 1 April. Bagi kita yang sejak kecil tinggal di negara dengan adat ketimuran akan merasakan hal yang biasa saja. Beda halnya di negara barat, yang mana tradi april mop sudah dilakukan sejak lama.

April mop atau di luar negeri biasanya dikenal dengan istilah april fool’s day adalah hari dimana seseorang melakukan suatu kejailan atau lelucon terhadap orang lain dan uniknya orang yang dijaili dilarang marah karena di akhir misi mereka berteriak ” April Mop”.

Namun pernahkah kamu bertanya kenapa april mop selalu dirayakan setiap 1 april. Kenapa tidak 1 maret ? atau bahkan di tanggal dan bulan yang berbeda. Banyak teori yang menjelaskan tentang ini.

April Mop (1 april) sudah lama dikenal di Perancis pada abad 16, dimana pada waktu itu sistem penanggalan belum sempurna seperti penanggalan saat ini. Tanggal tersebut di anggap sebagai hari pergantian tahun (kata April diserap dari bahasa Belanda Aprire, artinya membuka). Singkatnya orang perancis dahulu selalu merayakan tahun baru pada 1 april padahal paus gregory sudah memperkenalkan sistem penanggalan baru yang dimulai dari bulan januari. Dari sinilah kenapa 1 april disebut april mop yaitu orang yang tertipu di bulan april.

Para agamais di Eropa berpendapat bahwa asal istilah April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta.

Terlepas dari beragam teori yang menjelaskan asal usul april mop, Kita sebagai masyarakat yang berpegang pada adat ketimuran setidaknya dapat lebih bijak dalam menilai mana yang baik dan tidak, mana yang bermanfaat atau tidak. Intinya kita harus bisa menjaga diri untuk tidak terpengaruh budaya dari luar.

SHARE
Wira
Ingin menjadi seorang hokage suatu hari nanti . Anti gaptex, mungkin udah panggilan jiwa !! .Penyuka hewan berbulu dan langka.