Home Teknopedia Inilah Alasan Mengapa Mendownload Subtitle Itu Sangat Berbahaya

Inilah Alasan Mengapa Mendownload Subtitle Itu Sangat Berbahaya

516
BAGIKAN

Peretas berhasil menemukan celah yang cukup “cerdas” untuk menginfeksi sebuah komputer. Mereka menemukan sesuatu yang baru untuk mengelabuhi perangkat lunak “anti-virus” atau mungkin akal sehat kita sendiri. Malware tersebut disisipkan dalam sub judul film (subtitle). Ya, mungkin kita menikmati film tapi yang sebenarnya adalah memberikan akses komputer kepada peretas.

Contoh Subtitle
Contoh Subtitle. (Foto: The Snow Queen/ Youtube)

Sudah umum melihat file subtitle (.srt atau .sub) yang disertakan dalam torrents dan situs download film ilegal lainnya, sehingga orang cenderung mengabaikannya. Kamu bisa me-load file ini di beberapa pemutar video untuk menampilkan bahasa yang dipilih.

Dalam kasus ini, para peretas menyisipkan malware pada file telop film. Setelah dibuka oleh media player, secara otomatis peretas mendapatkan akses komputer. Mereka bisa membuka tab baru, mengendalikan mouse dan menginstall aplikasi sesuka hati. Mungkin, mereka bisa menginstall ransomware di komputer jika mereka menginginkannya, dikutip nyindir.com, Minggu (28/5) dari Check Point.

Video peretas mengambil alih komputer hanya beberapa detik setelah file telop di-load.

Banyak situs menyediakan telop gratis, contohnya adalah OpenSubtitles.org yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk menyisipkan malware mereka.

Sebaiknya, selalu perbarui pemutar video yang kalian gunakan atau berhati-hati ketika mendownload file telop agar komputermu tidak terinfeksi.