Home Legendaris Inilah 6 Musisi Rock yang Berhasil Meraih Gelar Sarjananya

Inilah 6 Musisi Rock yang Berhasil Meraih Gelar Sarjananya

1014
BAGIKAN

Rivers Cuomo (Weezer): Bachelor’s Degree, Universitas Harvard

Rivers Cuomo
Rivers Cuomo via www.vulture.com

Kebanyakan musisi Rock tidak dikenal sebagai siswa yang paling ulet dalam kuliahnya. Contohnya vokalis Foo Fighter “Dave Grohl” yang putus dari perguruan tinggi pada usia remaja kemudian menjadi salah satu musisi yang paling terkenal di generasinya. Beberapa musisi rock saat ini aktif di perguruan tinggi dan mendapatkan gelar sesuai bidangnya.

Setelah merilis debut album pada tahun 1994 yang berjudul “Self-titled”, vokalis Rivers Cuomo kuliah di Universitas Harvard – mulai aktif kuliah pada tahun 1995 dan lulus pada tahun 2006.

Cum Laude lulus dengan gelar Bachelor of Arts. Cuomo berhasil mendapatkan gelarnya setelah sukses pada usia 35 tahun. Cuomo menulis sebagian besar lirik album “1996 Pinkelton” selama semester pertama di Harvard dan kemudian merekamnya.

Brian May and Roger Taylor (Queen): Bachelor’s, Ph.d., (May), Universitas Imperial

Brian May and Roger Taylor
Brian May and Roger Taylor via montrealgazette.com

Gitaris Queen Brian May bertemu dengan drummer Roger Taylor pada bulan Mei ketika melihat iklan tentang seorang Drummer pada Universitas Imperial London. Brian May dan Roger Taylor adalah mantan dari band “Smile” yang bubar pada tahun 1996. Kemudian membentuk band Queen pada tahun 1970 dengan vokalis Freddie Mercury dan Bassis John Deacon dan merilis debut album berjudul “Self-Titled” pada tahun 1973. Queen pertama kali perform pada tanggal 18 Juli 1970 di Ruang Konser Universitas Imperial. Taylor meraih gelar sarjana biologi dari Universitas Imperial. Brian May lulus dari Universitas Imperial dengan gelar sarjana matematika dan fisika. Kemudian Brian May mendapatkan gelar Ph.D. dalam astronomi dari Universitas Imperial di tahun 2007.

Greg Graffin (Bad Religion): Ph.D., Universitas Cornell

Greg Graffin
Greg Graffin via meganthompsonphotography.blogspot.com

Vokalis Bad Religion Greg Graffin berjalan seimbang antara kehidupan bermusik dengan akademik selama beberapa tahun. Graffin mendapatkan gelar ganda yakni Antropologi dan Geologi sebagai sarjana di UCLA. Kemudian dia melanjutkan kuliahnya untuk mendapatkan gelar master di bidang geologi di UCLA dan menerima gelar Ph.D. zoology dari Universitas Cornell. Antara album Bad Religion dan tour musik dia juga mengajar Life Science 1 di UCLA pada tahun 2009 dan Evolution di Universitas Cornell pada tahun 2011.

Jeff Schroeder (Smashing Pumpkins): Sedang Menyelesaikan Gelar Ph.D., UCLA

Jeff Schroeder
Jeff Schroeder via www.zimbio.com

Pada tahun 2006 Jeff Schroeder menjadi gitaris kedua untuk Band The Smashing Pumpkins menggantikan James Iha. Schroeder adalah satu-satunya anggota yang konsisten di band sejak bertemunya mereka selain vokalis Billy Corgan. Sebelum bergabung dengan The Smashing Pumpkins Schroeder mendapatkan gelar sarjana dan master dan menyelesaikan gelar Ph.D. dalam literatur komparatif di UCLA. Meskipun Schroeder telah merencanakan untuk menjadi seorang profesor setelah mendapatkan gelar Ph.D. ia menunda rencana tersebut  karena sibuk dengan jadwal The Smashing Pumpkins.

Tom Morello (Rage Against the Machine): Bachelor’s Degree, Universitas Harvard

Tom Morello
Tom Morello via www.musictimes.com

Mantan gitaris Rage Against the Machine/Audioslave Tom Morello lulus dari Universitas Harvard dan mendapatkan gelar sarjana dalam studi sosial sebelum memulai karir bermusik. Morello tetap aktif di kegiatan sosial sebagai co-founder (dengan vokalis System of a Down Serj Tankian) dari organisasi aktivis politik non-profit Axis of Justice.

Dexter Holland (The Offspring): Bachelor’s and Master’s Degrees, USC

Dexter Holland
Dexter Holland via the-offspring.wikia.com

Sebelum menjadi vokalis band The Offspring Dexter Holland pernah mengucapkan pidato perpisahan di SMA-nya. Holland melanjutkan kuliah dan berhasil meraih gelar sarjana biologi dan gelar master di bidang biologi molekuler di USC. Sementara melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar Ph.D. dalam biologi molekuler, pada tahun 1994 album The Offspring “Smash” sukses besar dan Holland berhenti dari studinya. Dalam sebuah wawancara tahun 1995 Holland mengatakan, “Saya tidak akan ingin bermain musik ketika aku berumur empat puluh, aku lebih suka menjadi seorang profesor di universitas.” Meskipun Holland tetap aktif secara akademis, pada usia 49 ia masih membuat album dan tur dengan The Offspring.

Apakah ada rekomendasi musisi lainnya? Silahkan berbagi.