Home Internet Ingin Membuat Website E-Commerce? Jawab Dulu 11 Pertanyaan Ini

Ingin Membuat Website E-Commerce? Jawab Dulu 11 Pertanyaan Ini

Tips untuk lebih matang dalam membangun sebuah website E-commerce

685
BAGIKAN

E-commerce adalah sebuah bisnis yang menggiurkan. Belanja online diperkirakan akan tumbuh sebesar 25% pada awal 2016, sekitar 2,1 triliun dollar US secara global. Jika Anda memiliki sesuatu untuk dijual, sangat bijak apabila Anda memasarkan produk Anda secara online atau memulai situs E-commerce Anda sendiri. Sebelum Anda mengambil peluang itu, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda tahu dan Anda wajib menjawabnya.

Apa yang Anda jual?

Apa yang Anda Jual?

Langkah pertama yaitu menentukan produk apa yang akan Anda jual.

Dengan memahami apa yang Anda jual akan membantu Anda menentukan fitur yang harus Anda terapkan pada situs E-commerce Anda. Jika produk Anda memiliki variabel, seperti warna atau ukuran yang berbeda, Tentu  keleluasaan  pelanggan dalam memilih sangat penting.

Seperti apakah saingan Anda?

Seperti Apakah Saingan Anda?

Mulailah melihat situs lain yang menawarkan produk serupa dengan apa yang akan Anda tawarkan.

Apakah kemasan item mereka lebih menarik? Apakah Anda dapat  melakukannya lebih baik? Apakah ada cukup peluang untuk bersaing dengan perusahaan tersebut dan apapun itu, semua ada pada diri Anda.

Bagaimana cara Anda melakukan pengiriman?

Bagaimana cara Anda melakukan pengiriman?

Pengiriman adalah satu hal yang penting bagi perusahaan ketika menyiapkan strategi E-commerce.

Pertama, item yang Anda jual harus dapat dikirimkan, baik secara legal dan realistis. Jika Anda menjual mebel antik, mungkin menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi pelanggan yang berada jauh dari jangkauan pengiriman barang dan tempat-tempat tertentu yang tidak memungkinkan Anda untuk mengirimkan produk tersebut.

Bahkan jika item yang Anda jual legal, bagaimana cara Anda mengirimkan item tersebut? Apakah mengirim menggunakan kapal? Biaya pengiriman harus digabung dalam harga item tersebut atau bisa juga Anda melakukannya secara terpisah.

Berarti Anda harus menentukan bagaimana biaya tersebut dihitung. Apakah didasarkan pada berat? Jarak? ataupun kombinasi antar keduanya.

Bagaimana cara Anda mengenakan biaya untuk pajak penjualan?

Bagaimana cara Anda mengenakan biaya untuk pajak penjualan?

Setiap Negara memiliki aturan yang berbeda untuk pajak penjualan, dan peraturan tentang pajak secara online adalah topik hangat yang diperdebatkan.

Apakah Anda memiliki persediaan?

Apakah Anda memiliki persediaan?

Jika Anda memiliki item dengan jumlah terbatas untuk dijual, maka Anda harus menampilkan notifikasi persediaan item di situs Anda sehingga Anda tidak mengecewakan pelanggan yang ingin melakukan pesanan untuk produk tersebut.

Apa rencana Anda untuk melayanani pelanggan?

Jika Anda memiliki pelanggan, Anda akan memiliki masalah dengan pelanggan ketika pelanggan melakukan komplain terkait item yang dibeli. Anda perlu rencana untuk menangani masalah tersebut, dari menjawab pertanyaan pelanggan baru hingga berurusan dengan orang-orang yang marah.

Bagaimana dengan pengembalian uang (Refunds)?

Bagaimana dengan pengembalian uang (Refunds)?

Pelanggan yang marah mungkin ingin mendapatkan uang mereka kembali. Bagaimana Anda akan mengatasi permintaan ini? Siapa yang membayar untuk pengiriman kembali? Bagaimana jika item rusak dalam perjalanan? Apa kebijakan Anda untuk situasi tersebut? Anda harus memiliki aturan terkait hal ini dan bagaimana Anda akan mengatasi masalah ini sebelum Anda mulai menjual produk secara online.

Bagaimana cara Anda untuk memproses pembayaran?

Bagaimana cara Anda untuk memproses pembayaran?

Inti dari menjual produk secara online adalah untuk mendapatkan penghasilan, sehingga Anda perlu cara untuk melakukannya. Ada beberapa pihak ke-3 yang menawarkan layanan ini dan dikenakan biaya. Bagian yang dikenakan biaya ini adalah soal keamanan, yang merupakan aspek penting dari E-commerce.

Bagaimana cara Anda untuk mengamankan situs Anda?

Bagaimana cara Anda untuk mengamankan situs Anda?

Ada aturan khusus mengenai keamanan dimana semua perusahaan menerima informasi private secara online seperti kartu kredit, harus mematuhinya. Jika Anda tidak mengikuti aturan ini maka dapat mengakibatkan denda yang signifikan, bukan hanya menyebutkan kesalahan yang Anda dilakukan tapi juga bisa mengurangi kepercayaan pelanggan terhadap situs Anda.

Karena aturan keamanan ini, Anda tidak bisa dengan mudah menerima nomor kartu kredit melalui bentuk form di situs Anda. Anda harus mengikuti protokol untuk mengamankan transmisi ini.

Apakah Anda membutuhkan software Keuangan?

Apakah Anda membutuhkan software Keuangan?

Jika situs Anda melaporkan data penjualan maka software keuangan adalah salah satu solusinya, yang akan menjadi pertimbangan saat Anda mengevaluasi situs E-commerce.

Apakah ada solusi pihak ke-3 yang layak?

Apakah ada solusi pihak ke-3 yang layak?

Ada banyak platform pihak ke-3 dan pilihan CMS yang memungkinkan untuk fungsi E-commerce. Dalam banyak kasus, platform ini akan membantu menjawab banyak pertanyaan yang diajukan dalam artikel ini.

Platform ini akan mencakup modul untuk pengiriman, pajak penjualan, inventory control, dan banyak lagi – dan platform ini juga terhubung dengan proses pembayaran untuk menangani transaksi secara aman. Anda juga dapat mempertimbangkan dengan pasar E-commerce yang ada, seperti situs yang lagi ngetrend belakangan ini, mungkin menjadi pilihan yang lebih baik bagi Anda untuk memulai menjual produk Anda daripada membangun situs Anda sendiri.

Kesimpulan

E-commerce dapat menjadi nilai plus untuk penjualan perusahaan. Anda dapat memilih langkah yang tepat apakah harus membangun situs anda sendiri atau mengambil peluang dari situs yang sudah ada. Dengan menjawab 11 pertanyaan yang dibahas di sini, Anda berada di jalur yang tepat untuk menentukan arah E-commerce perusahaan Anda.