Home Ngampus Ingin Melamar Pekerjaan, Perhatikan Poin Penting Berikut Ini!

Ingin Melamar Pekerjaan, Perhatikan Poin Penting Berikut Ini!

66
BAGIKAN

Lulus kuliah tentunya sangat bangga. Karena, berhasil melewati masa-masa percobaan menjadi Maba (Mahasiswa Basi). Tapi, apakah setelah wisuda perjalanan berhenti? tentu tidak.

Finish line is just the beginning of a whole new race

Lalu, apakah yang sobat lakukan selanjutnya? membuka usaha, berumah tangga atau melegalisir ijazah untuk melamar pekerjaan?

Ketiga opsi diatas sah-sah saja untuk dipilih sesuai dengan niat kalian gaes. Untuk yang ingin melamar pekerjaan, sebaiknya perhatikan beberapa poin penting berikut ini.

1. Positive Thinking

Positive Thinking
Positive Thinking via hdqwalls.com

Selalu berpikir positif ya gaes, jangan sampai berkecil hati karena hari demi hari belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Terus berusaha!

2. Jangan Gengsi

Jangan Gengsi
Jangan Gengsi via axn.pl

Ada disekeliling kita yang mengatakan akan mencari pekerjaan sesuai passion. Namun nyatanya, passion itu tidak lebih dari 15%. Selebihnya, kita harus menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan yang belum kita ketahui.

3. Berdoa

Berdoa
Berdoa via kohaislame.com

Adakalanya seseorang di titik jenuh karena belum berhasil mendapatkan pekerjaan sehingga berputus asa dan berhenti mengirimkan curriculum vitae ke lowongan yang diinginkan. Jangan pernah berputus asa ya gaes, spam terus lowongan pekerjaan dan selalu berdoa.

Fase seorang fresh graduate harus melalui masa nganggur – tanpa perantara

4. Curriculum Vitae

Curriculum Vitae
CV via bpjaga.pl

Tahun 2018, era digital semakin berkembang pesat. Banyak fresh graduate yang mengirimkan cv berbentuk desain. Jangan minder ya gaes karena cv-mu hanya terbuat dari microsoft word. Karena sesungguhnya, orang indonesia lebih “menyukai” kesederhanaan portofolio yang terbuat dari word, terkecuali lowongan yang sobat apply berhubungan dengan dunia digital.

5. Take it or Leave it

Take it or leave it
Take it or leave it via nube.com.br

Poin 5 ini adalah kesimpulan dari poin-poin diatas. Take it maksudnya mengambil peluang kerja apapun itu, leave it berpaling dari lowongan pekerjaan yang ingin di apply. Menurut penulis, pekerjaan apapun itu silahkan dilamar, masalah lulusan “ijazah” HRD yang memutuskan.