Home Internet Berhati-Hatilah Anda Jika Ingin Bertransaksi Online

Berhati-Hatilah Anda Jika Ingin Bertransaksi Online

520
BAGIKAN

Internet adalah kebutuhan bagi semua manusia di bumi. Dengan adanya internet kita semakin mudah mengakses informasi, ilmu pengetahuan, hiburan, bertransaksi dan lain-lain. Namun jangan salah, internet juga dapat memberikan dampak negatif. Salah satu contoh yang saat ini marak adalah penipuan online. Berhati-hatilah Anda yang sering melakukan transaksi online karena semakin sering Anda bertransaksi online, maka semakin besar pula kesempatan Anda tertipu.

Disini saya bukan bermaksud untuk mengecilkan beberapa perusahaan yang memfasilitasi pelanggannya menggunakan transaksi online. Akan tetapi memperingatkan Anda untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Contoh penipuannya seperti dibawah ini.

Ilustrasi cerita, Sayyid Ahmad (Pembeli) ingin menipu Irawan (Penjual) dengan mengatakan bahwa ia melakukan pembelian atas Xiaomi Redmi 2 Pro. Seperti yang kita ketahui, semua transaksi online memiliki pihak ketiga. Pihak ketiga ini mengaku sebagai CS Bukalapak dan mengatakan bahwa Sayyid Ahmad telah mengirimkan sejumlah uang untuk membeli smartphone tersebut. Namun jangan salah, CS ini bukan dari bukalapak, melainkan seorang penipu yang bekerja sama dengan Sayyid Ahmad. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak percakapan antara Irawan, Sayyid Ahmad dan CS Bukalapak dibawah ini.

Percakapan dimulai pada 18 Desember 2015 16:05.

Chat Pertama
Chat Pertama
Chat ke 2
Chat ke 2
  • Semua transaksi yang kita lakukan entah itu membeli ataupun menjual barang pasti ada notifikasi dari akun kita.
Chat ke 3
Chat ke 3
Email Penipuan
Perhatikan Email
  1. Agar terhindar dari penipuan online, sebaiknya Anda memperhatikan email pengirim.
  2. Semua hal, termasuk mencari pekerjaan, bertransaksi, jika pengirimnya menggunakan email diatas sebaiknya Anda tidak menghiraukannya.
  3. Contoh email dari pihak ketiga ([email protected]) ataupun bagian dari perusahaan ([email protected]).
Chat ke 4
Chat ke 4
Chat ke 5
Chat ke 5
Chat ke 6
Chat ke 6
Contoh Transaksi Penipuan
Contoh Transaksi Penipuan
  • Setiap kita melakukan transaksi online, pastikan kita mendapat nomor transaksi. Hal lainnya adalah adanya pemberitahuan dari pihak perusahaan bahwa kita melakukan transaksi tersebut.

Silahkan berbagi agar keluarga, kerabat, teman Anda terhindar dari penipuan online. Happy weekend!.

Credit image: Irawan