Home Wajib Tahu Bau Mulut Saat Puasa? Tips Berikut Bisa Mengatasi Masalahmu

Bau Mulut Saat Puasa? Tips Berikut Bisa Mengatasi Masalahmu

182
BAGIKAN

Saat berpuasa pasti kebanyakan orang akan mengeluhkan kalau bau mulutnya tidak sedap. Meskipun disebut bau “surga” namun hal tersebut membuat kita tidak percaya diri untuk berbicara dengan orang lain. Ditakutkan orang yang kita ajak bicara menjadi menjauh atau bahkan menutup hidung, ┬átentu kamu tidak mau hal itu terjadi. Buat kamu yang mempunyai pengalaman buruk soal bau mulut saat puasa berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah bau mulut.

1. Rutin Membersihkan Mulut Setelah Makan Sahur Dan Berbuka

Gosok gigi rutin
via lifehack.org

Intinya adalah menggosok gigi minimal 2 kali sehari itu penting. Sebagian dari kita memang terkadang malas untuk melakukan hal ini. Namun tahukah kamu bahwa bau mulut itu timbul akibat kondisi mulut tidak bersih atau banyak sisa-sisa makanan yang menumpuk. Kondisi tersebut tentu akan membuat kuman peryebab bau mulut berkembang biak dengan cepat.

2. Tidak Hanya Gigi Saja Yang Dibersihkan Tapi Lidah Juga Perlu

Membersihkan lidah
via dentagama.com

Ini yang sering dilupakan oleh banyak orang, Gigi bersih saja tidak cukup untuk mengusir bau mulut. Karena sisa makanan sudah pasti akan tertinggal juga pada dinding lidah. So jangan lupa dibersihkan ya guys…

3. Menggunakan Obat Kumur Anti Bakteri Setelah Menggosok Gigi

Berkumur
via natureandhealth.net

Seperti yang sudah kita tahu bahwa salah satu penyebab bau mulut adalah bakteri. Menggosok gigi saja tidak cukup, karena itu hanya membersihkan sisa makanan saja. Kamu perlu rutin menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi agar bakteri juga hilang secara menyeluruh.

4. Usahakan Tetap Menjaga Kadang Air Dalam Tubuh

Minum air putih rutin
via pexels.com

Penyebab lain kenapa mulut bisa berbau adalah karena mulut dalam kondisi kering. Itu bisa dimaklumi karena memang saat puasa mulut tidak melakukan aktifitas seperti makan ataupun minum. Hal tersebut menyebabkan produksi saliva (air liur) berkurang. Jadi buat kamu yang sedang berpuasa direkomendasikan untuk minum 8 – 10 gelas air putih, bisa dibagi saat berbuka dan sahur.

5. Menghabiskan Waktu Puasa Dengan Tidur Memang Nikmat, Tapi………

Tidur
via pexels.com

Nah buat kamu-kamu yang biasa tidur saat puasa simak baik-baik. Saat tidur sudah pasti mulut akan tertutup rapat sehingga membuatnya terisolasi dari oksigen, otomatis hal tersebut membuat mulut semakin kering terlepas dari produksi saliva (air liur) yang berkurang. So kurangi tidur saat puasa mulai dari sekarang.

6. Konsultasi Dengan Dokter

Konsultasi dokter
via pexels.com

Pastikan bahwa kebersihan mulut terjaga dengan baik, Konsultasikan dengan ahlinya apakah gigimu ada karang gigi yang perlu dibersihkan atau masalah maag dan penyakit lainnya.