Home Darah Muda Apa Yang Kamu Lakukan Dalam Waktu 15 Menit?

Apa Yang Kamu Lakukan Dalam Waktu 15 Menit?

1379
BAGIKAN

Apa yang kamu lakukan dalam waktu 15 menit? apakah merebus telur? bermain clash of clans? bermain candy crush? atau melihat timeline instagram? Dorothea Brande mengatakan: tanpa membuang-buang waktu, dalam durasi 15 menit kita dapat memulai melakukan hal-hal yang lebih kreatif.

Becoming a WriterDalam bukunya yang berjudul “Becoming a Writer” ia mengatakan bahwa kebiasaan menulis setiap harinya dapat di mulai dengan cara yang sangat sederhana. “Lima belas menit adalah waktu yang baik untuk mulai menulis” dan “tidak mengharapkan imbalan “ikhlas” akan menghasilkan tulisan terbaik tentang apa yang ingin kita tulis”.

Spesialis penulis buku dan pelatih di Philippa Pride beranggapan bahwa dalam waktu 15 menit itu akan membuatnya menemukan ide untuk menulis. Selain menjadi penulis dan pelatih di Phillipa pride ia juga aktif menulis di sebuah situs yakni The Guardian. Dalam artikel terbarunya di situs The Guardian ia mengatakan bahwa seorang penulis dapat berkembang dengan melakukan rutinitas menulis hanya dalam tujuh menit setiap harinya. Jadi, durasi 15 menit menulis sama halnya dengan durasi merebus sebutir telur bukan?.

Dorothea BrandeNamun untuk Philippa, tantangannya adalah komitmen, bukan masalah waktu. Dia menulis: “Tantangan yang sesungguhnya adalah: Apakah Anda dapat berkomitmen untuk menulis rutin setiap harinya. Biasanya, saya mendapatkan ide ketika sedang berdiri, bahkan jika itu selama tujuh menit dan saya pikir ini adalah cara saya untuk menemukan sebuah ide”. Sebagian orang beranggapan bahwa dalam waktu tujuh menit bukanlah waktu yang penting, tetapi menurut Dorothea Brande dalam waktu tujuh menit itu akan menghasilkan karya terbaiknya dalam menulis.

Balik lagi ke masalah merebus sebutir telur. Baru-baru ini sayaJam Pasir mencoba teknik pomodoro untuk memulai menulis dengan memerhatikan jam pasir. Dengan jam pasir dapat membantu saya untuk mengatur waktu setiap kali akan menulis, mendesign, dan belajar hal lainnya.

Ide di balik Pomodoro adalah untuk memiliki kreatifitas apa pun dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, saya mencoba untuk tidak menghiraukan notifikasi smartphone dan menggunakan earphone untuk mendengarkan musik. Dengan durasi 5 menit saya harus menyelesaikan satu paragraf, begitupun seterusnya. Ketika jam pasir berhenti, balikkan dan lakukan hal yang sama.

Jadi, dengan waktu singkat ini kita sedang menyiapkan goal untuk menghasilkan sebuah karya tulisan. Beritahu kami apa yang ingin kamu tulis dalam waktu 15 menit, termasuk:

  • Aktifitas setiap harimu
  • Menulis jurnal di laptop
  • Merencanakan tulisan selanjutnya atau
  • Bermimpi, mengedit, dan menulis artikel.