Home Wajib Tahu Alasan Kenapa Manusia Umumnya Tidur Saat Malam Hari

Alasan Kenapa Manusia Umumnya Tidur Saat Malam Hari

562
BAGIKAN

Manusia normal umumnya bekerja saat siang dan istirahat / tidur saat malam. Lalu jika kedua hal tersebut menjadi terbalik dimana tidur saat siang dan terjaga saat malam, apakah orang tersebut dianggap tidak normal ? secara logika kasar (tanpa dasar) hal tersebut benar adanya namun jika dikaitkan dengan ilmu sains dimana waktu tidur terbaik adalah saat malam hari dan erat kaitannya dengan metabolisme tubuh, kenapa ?

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh
via wisdomtimes.com

Malam hari adalah waktu dimana tubuh memproduksi hormon yang bernama melatonin. Hormon ini bertugas untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan juga menghambat pertumbuhan sel yang merugikan seperti sel tumor dan sel kanker.

2. Salah Satu Faktor Penyebab Kegemukan

Kegemukan
via pexels.com

Pernahkah kamu tiba-tiba merasa lapar saat malam ?padahal sebelumnya sudah makan. Ini akibat dari produksi hormon ghrelin lebih banyak dari leptin. Ghrelin adalaha hormon yang bertugas membuat kita merasa lapar sedangkan leptin sebaliknya. Dampak buruk dari ini adalah tentu gemukan, kita akan terus makan sampai perut merasa kenyang padahal makanan yang kita makan sebelumnya belum diproses oleh usus.

3. Proses Pembuangan Racun Dari Dalam Tubuh

Racun tubuh
via cwantik.com

Tahukah kamu bahwa malam hari adalah waktu dimana tubuh melakukan detoksifikasi atau proses pembuangan racun. Proses pembuangan racun pun dilakukan secara bertahap mulai dari racun kelenjar getah bening, hati, empedu, paru-paru dan terakhir adalah usus besar. Itulah alasan kenapa saat pagi hari kita merasa ingin buang air besar.

4. Filterisasi Informasi Pada Otak

Otak manusia
via thinglink.com

Saat sedang beraktifitas dikala siang, otak akan menyerap segala bentuk informasi sehingga membuat otak sehingga membuat kemampuan daya simpannya menjadi penuh. Di malam hari otak akan melakukan filter untuk informasi yang penting dan tidak penting. Itulah sebabnya saat kita terbangun otak terasa fresh

5. Suhu Tubuh Menurun Drastis

Suhu tubuh
via reference.com

Produksi adrenalin saat malam hari berkurang sehingga berakibat pada menurunnya suhu tubuh. Sehingga disarankan untuk terlelap saat malam.