Home Wajib Tahu 7 Khasiat Luar Biasa Rutin Mengonsumsi Teh Hijau

7 Khasiat Luar Biasa Rutin Mengonsumsi Teh Hijau

389
BAGIKAN

Apakah kamu penyuka minuman teh ? Jika tidak tentu mulai saat ini kamu perlu mempertimbangkan untuk menyukainya. Selain karena faktor rasa dan aromanya yang menenangkan mengonsumsi teh juga dapat mendatangkan manfaat untuk kesehatan.

Umumnya terdapat 4 jenis teh berdasarkan warna yaitu : hitam, hijau, putih dan oolong. Berdasarkan kajian medis dan ilmah menunjukkan khasiat teh hijau lebih daripada yang lain. Salah satu penyebabnya adalah teknik pengolahannya yang berbeda sehingga menghasilkan konsentrasi polifenol yang tinggi dan anti oksidan kuat

Khasiat Dan Manfaat Teh Hijau

Kandungan antioksidan yang kuat itulah yang membantu tubuh kita melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat membunuh sel-sel dalam tubuh untuk menimbulkan masalah kesehatan kronis. Berikut 7 Manfaat mengonsumsi teh hijau setiap hari :

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Berbahaya

Menurut study klinis kandungan polifenol pada teh hijau berfungsi sebagai agen anti kanker yang kuat. Polifenol berfungsi sebagai penetralisir dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Efek teh hijau berpengaruh pada beberapa organ vital tubuh seperti kandungan kemih, payudara, paru-paru, kulit, pangkreas dan prostat.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

Teh hijau sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk menstabilkan kadar gula darah. Itu dikarenakan sifat inheren dari teh hijau itu sendiri yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes.

3. Minuman rendah kolesterol

Kandungan antioksidan yang kuat pada teh hijau ternyata dapat mencegah penyerapan kolesterol pada usus dan membersihkan tubuh dari kolesterol jahat. Selain itu hal menarik lainnya adalah terjadi peningkatan kolesterol baik.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University Of Basel, Swiss menemukan fakta bahwa meminum teh hijau dapat “Meningkatkan Kinerja Otak”. Masih menurut peneliti dimana hal itu mempunyai implikasi penting pada pengobatan gangguan neoropsikiatri termasuk gangguan kognitif.

5. Menurunkan Resiko Obesitas

Teh hijau mengandung pythonutrisi yang disebut EGCG dimana hormon tersebut dapat meningkatkan rasa kenyang atau perasaan kenyang. Ketika rasa kenyang datang tentu hasrat ingan makan terus akan hilang, selain itu teh hijau memang mempunyai fungsi untuk membantu pembakaran lemak.

6. Menyehatkan Organ Hati

Hati adalah salah satu organ vital penting dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai penawar racun. Dengan meminum teh hijau dapat menurunkan masalah kesehatan hati seperti kanker. Itu karena ditemukannya zat kimia yang disebut katerin yang sangat melimpah.

7. Melawan Efek Peradangan Dalam Tubuh

Teh hijau dapat menurunkan efek peradangan pada beberapa organ seperti perut, usus dan hati. Selain itu peradangan pada jaringan tubuh dan tulang rawan juga dapat diatasi