Home Fakta Menarik 7 Fakta Menarik Tentang Semut, Udah Tahu Belum ?

7 Fakta Menarik Tentang Semut, Udah Tahu Belum ?

323
BAGIKAN

Dibalik tubuhnya yang kecil, semut menyimpan banyak keunikan dibandingkan hewan seukurannya. Mungkin hal yang paling kentara dari mereka adalah kehidupan berkoloni mereka. Dalam berkoloni atau kelompok jumlah mereka bisa mencapai ribuan bahkan jutaan. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan hidup, membangun sarang dan juga mencari makanan.

Fakta menarik tentang semut

Dari sebuah koloni itulah ada beberapa kasta atau tugas pokok setiap semut. Ada semut pekerja, semut jantan , semut penjaga dan terakhir adalah ratunya. Namun tentu bukan hanya soal kehidupan berkoloninya dan tugasnya, Masih banyak fakta fakta menarik seputar hewan serangga satu ini. Berikut 7 fakta menarik tentang semut yang mungkin belum kamu ketahui :

1. Semut dapat mengangkat benda yang beratnya 100x dari berat tubuhnya

Selain terkenal akan etos gotong royongnya ternyata semut juga menyimpan tenaga super di dalam tubuhnya yang kecil dan uniknya beberapa semut bahkan dapat mengangkat benda dengan cara terbalik dengan bobot 100x tubuhnya.

2. Jenis serangga yang mampu hidup lebih lama daripada serangga lain

Seekor ratu semut tercatat dapat hidup sampai umur 30 tahun di habitat aslinya. Sungguh capaian yang luar biasa bukan untuk serangga seukuran mereka.

3. Ada puluhan ribu spesies semut yang ada di bumi

Tanggal 3 maret 2010 tercatat jumlah spesies semut sekitar 12.000 dan diprediksi akan terus ditemukan spesies baru yang saat ini diperkirankan telah mencapai kurang lebih 22.000 (antbase.org)

4. Semut betina mendominasi

Kita semua tahu bahwa dikalangan para semut ada semacam kasta dimana ada semut pekerja, prajurit dan ratu. Namun uniknya dari ketiga kasta tersebut didominasi oleh para semut betina.

5. Semut tidak punya mata ?

Beberapa semut memang mempunyai penglihatan yang sangat buruk. Namun hal itu bisa mereka atasi dengan adanya semacam antena di kepala sehingga mereka tidak membutuhkan mata. Uniknya dari beberapa semut ada yang bertugas sebagai “Driver” bagi semut yang buta.

6. Bagi semut manusia bukanlah musuh, predator atau semacamnya.

Pernahkah kamu berimajinasi bahwa kamu adalah seorang raksasa sedangkan semut adalah makhluk kecil yang siap ditindas / diinjak ? Namun bagi semut musuh terbesar mereka sebenarnya bukanlah kita melainkan semut dari koloni bahkan spesies yang lain.

7. Semut bisa bertahan di dalam air selama 24 jam ?

Kita semua tahu bahwa semut tidak memiliki paru-paru, mereka bernafas menggunakan lubung kecil sekitar tubuh mereka. Bahkan jika semut tenggelam dalam genangan banjir mungkin sepintas mereka tampak mati mengambang namun jika di sekitar mereka ada oksigen yang cukup semut akan tetap hidup.