Home Wajib Tahu 5 Takjil Ini Wajib Ada Saat Bulan Puasa, Dijamin Bikin Seger!

5 Takjil Ini Wajib Ada Saat Bulan Puasa, Dijamin Bikin Seger!

116
BAGIKAN

Tidak terasa bulan ramadhan tahun ini sudah tiba. hal-hal yang dianggap biasa di bulan lain menjadi sangat istimewa di bulan ramadhan salah satunya adalah makanan / minuman. Berbicara instrumen anti lapar dan haus tersebut tentu tidak akan jauh -jauh dari yang namanya takjil apalagi saat ini adalah bulan puasa.

Sebelum lanjut ke topik bahasan alangkah baiknya jika kita semua tahu apa itu takjil berserta pengertiannya. Ta’jil atau Takjil berasal dari bahasa arab yang artinya penyegaran. Maksudnya yaitu membatalkan puasa dengan sesuatu yang menyegarkan (Tidak termasuk makanan pokok) dan manis salah satunya adalah kurma seperti yang sudah dicontohkan oleh nabi muhammad SAW.

Setelah mengerti apa maksud dari takjil tentu kamu sudah bisa menentukan takjil tepat untuk membatalkan puasamu nanti. Berikut rekomendasi takjil untuk buka puasamu :

1. Kurma

Kurma
via uprint.id

Buah yang berasal dari daerah timur tengah ini menjadi buah favorit yang selalu adalah saat bulan puasa. Rasanya yang manis dan legit memang sudah tidak perlu diragukan lagi apalagi menjadi sesuatu yang sunnah seorang muslim membatalkan puasanya dengan sebiji kurma seperti yang sudah dicontohkan oleh nabi muhammad SAW.

2. Kolak

Kolak
via tasty-indonesian-food.com

Makanan yang hanya akan kamu temui di indonesia ini memang menjadi salah satu favorit di bulan puasa. Kolak biasanya berbahan dasar pisang / ubi-ubian yang direbus bersamaan dengan santan dan gula aren. Kombinasi paduan manis antara gula aren dan pisang / ubi membuatnya sempurna untuk disantap. Selain bisa mengobati rasa haus makan kolak juga bisa sedikit mengganjal perut.

3. Es Buah

Es Buah
via tips-cara.info

Kombinasi dari berbagai macam buah segar dengan santan plus gula jawa membuatnya begitu nikmat untuk dijadikan takjil berbuka. Cara pembuatannya pun cukup mudah sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus beli di luar.

4. Es Rumput Laut

Es Rumput laut
via tribunnews.com

Mengobati rasa haus memang paling tepat dengan es rumput laut. Biasanya bahan yang dipakai tidak hanya rumpat laut saja bisa juga dikombinasikan dengan kolang kaling , melon, dan juga agar-agar. Untuk kuahnya umumnya memakai santan dan gula jawa dengan sedikit campuran susu kental manis diatasnya.

5. Es Kepala Muda

Es Kelapa Muda
via tandapagar.com

Es yang paling mudah dibuat dan tidak perlu bermacam-macam bahan. Cukup dengan 1 buah kelapa muda plus gula putih sebagai pemanis sudah cukup melengkapi kesegarannya. Es kelapa muda bisa disajikan dalam makok / gelas atau bisa juga batok kelapanya dijadikan sebagai wadah.