Home Linux 5 Distro Linux Terbaik Sepanjang Masa

5 Distro Linux Terbaik Sepanjang Masa

561
BAGIKAN

Jika kamu baru saja mengenal salah satu distro linux, maka silahkan membaca artikel lainnya untuk lebih memahami sedikit tentang distro tersebut dan lihat apakah favoritmu berhasil masuk dalam urutan 5 besar seperti dibawah ini.

Ubuntu

Distro Ubuntu
Distro Ubuntu

Seperti kebanyakan pengguna, Ubuntu adalah pilihan pertama untuk distro Linux. Penulis menggunakannya di PC. Banyak pengguna menginstall Ubuntu sebagai desktop linux dan untuk server juga. Ubuntu menawarkan 3 edisi yaitu Desktop Edition, Server Edition dan Notebook Remix.

Debian

Distro Debian
Distro Debian

Debian disebut sebagai Debian GNU/ Linux karena sebagian besar tools dasar berkembang dari proyek GNU. Banyak distro terkenal lainnya berakar dari Debian, seperti distro Ubuntu, Knoppix, Linspire, Damn Small Linux dan lain-lain.

Fedora

Distro Fedora
Distro Fedora

Fedora didukung oleh Red Hat. Jika kamu tertarik untuk bereksperimen dengan tools terbaru, kamu harus menggunakan Fedora. Kenapa? Karena waktu perilisan sangat singkat dan Fedora cenderung menyertakan perangkat lunak/ packages terbaru dalam distronya.

CentOS

Distro CentOS
Distro CentOS

Ya ya ya, terlihat dari awalan kata yang berarti premium “Cent”. Jika organisasimu memiliki cukup biaya untuk membeli dukungan dari Red Hat, namun tetap menginginkan keuntungan dari distribusi “Topi Merah” maka distro ini adalah pilihan terbaik.

Red Hat

Distro Redhat
Distro Redhat

Jika sebuah organisasi tidak sungkan untuk mengeluarkan biaya, ini selalu menjadi rekomendasi pertama untuk setiap organisasi yang menjalankan aplikasi penting. Selain itu, Red Hat juga sering mencoba beberapa fitur baru dari Fedora setelah diuji terlebih dahulu oleh penggunanya.

Bagaimana, apakah ada distro favoritmu disini?