Home Fakta Menarik 4 Mainan Asal Jepang Ini Pernah Bikin Masa Kecilmu Bahagia

4 Mainan Asal Jepang Ini Pernah Bikin Masa Kecilmu Bahagia

331
BAGIKAN

Masih ingatkah kamu apa mainan favoritmu sewaktu masih kecil ? Dulu kita sangat akrab sekali dengan mainan jepang salah satunya jika ada yang masih ingat namanya tamiya. Bagi anak generasi 90-an permainan balapan mobil ini sangat begitu digandrungi, sampai-sampai kita rela untuk menyisihkan uang jajan hanya untuk membeli mobil tamiya ini. Dan yang lebih menarik lagi saking populernya tamiya bahkan sampai ada kejuaraannya sendiri.

Kepopuleran tamiya tentu ada sebabnya, bagi kamu yang sering menonton anime let’s and go tentu akan langsung ingat dengan namanya tamiya. Namun seiring waktu kepopuleran tamiya mulai meredup mungkin disebabkan karena animennya yang sudah mencapai klimaks (ending) atau bisa juga karena penggemarnya dahulu sudah beranjak dewasa sehingga mainan ini perlu di museumkan.

Sesuai judul disini kita akan flashback ke masa lalu tentang mainan apa saja sih yang membuat masa kecilmu begitu bahagia.

1. Crush Gear

Crush Gear

Mainan  ini terinspirasi dari animenya yang berjudul Crush Gear Turbo. Secara fisik mainan ini hampir mirip dengan tamiya bedanya crush gear mempunyai sejata di bagian depan dan juga bodynya lebih tambun atau besar.

Cara memainkannya pun cukup mudah, dimana ada 2 pemain saling berhadapan dan ditengah-tengahnya sudah disiapkan sebuah arena memutar. Crush gear akan berjalan memutar mengikuti alur arena dan ada waktu dimana 2 crush saling bertabrakan. Crush gear yang terbalik atau keluar dari arena maka dia yang kalah.

2. Tamiya

Tamiya

Seperti yang sudah dibahas diatas, mainan ini populer juga berkat animenya yang berjudul let’s and go. Untuk memainkannya kita perlu sebuah lintasan memanjang dan melingkar, terkadang bagian lintasan diberi semacam ringtangan zig-zag.

Tamiya juga bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Tak jarang beberapa pemain yang mengikuti kompetisi tamiya memodif tamiya mereka dengan mengganti dinamo, roda maupun carbon fibernya dengan harga yang lumayan mahal.

3. Beyblade atau Gasing

Beyblade

Namanya diambil dari anime yang juga berjudul beyblade. Bentuk nya mirip dengan mainan tradisional Gasing, bedanya beyblade terbuat dari plastik / aluminium sedangkan gasing dari kayu. Untuk beylade sendiri ada semacam alat khusus namanya light laucher yang berfungsi untuk menahan body bagian atas beyblade lalu pemain akan menarik sekencang-kencangnya menggunakan winder untuk membuat si beyblade berputar dengan kencang.

Untuk menentukan pemenang hampir sama seperti crush gear yaitu beyblade yang bisa bertahan di arena dengan kondisi masih berputar. Bagi beyblade yang keluar arena atau lebih dahulu berhenti berputar maka ia dianggak kalah.

4. Kartu Yugi – Oh

Kartu Yugioh

Permainan kartu dengan karakter seperti monster naga, serangga maupun warrior dengan attack dan defense yang dihitung berdasarkan bilangan angka. Bagi kamu yang sering menonton animenya pasti tahu tahu cara memainkanya.

Dua pemain akan saling berhadapan dimana kartu yang menang adalah kartu yang mempunyai poin lebih tinggi. Posisi kartu juga bisa diatur sesuai keinginan apakah mode tertutup atau terbuka.