Home Teknopedia 100 Aplikasi Edukasi Untuk Penggemar Android

100 Aplikasi Edukasi Untuk Penggemar Android

694
BAGIKAN

Akhir-akhir ini, perangkat mobile lebih umum di gunakan untuk metode pembelajaran. Mungkin seiring dengan perkembangan jaman, semua orang lebih ringkas menggunakan smartphone untuk belajar.

Bayangkan untuk sesaat, coba jelaskan sebuah smartphone Androidmu dengan seseorang yang hidup di awal 1980-an sebelum pc, internet dan ponsel terkenal. Penulis yakin mereka akan benar-benar terpesona pada perkembangan zaman sekarang ini. Sebuah teknologi super yang pas dengan ukuran saku atau tas genggam berukuran kecil. Alat ini di buat bukan hanya untuk berkomunikasi tetapi juga sebuah alat untuk memfasilitasi cara belajar.

Ray Kurzweil, mengungkapkan smartphone dalam sudut pandangnya: ” smartphone di saku Anda adalah alat yang satu juta kali lebih murah, seribu kali lebih kuat dan seratus ribu kali lebih kecil dari komputer biasa dibandingkan 40 tahun yang lalu.” Sekarang, itu sangat luar biasa!

Dalam artikel ini, Penulis ingin menunjukkan Aplikasi Edukasi yang dapat digunakan untuk mengubah ponsel Androidmu atau tablet menjadi media pembelajaran.

19Jadwal Belajar:

Terorganisir dengan baik, jadwal belajarmu setiap minggu dan membuat struktur untuk belajar.

  1. My Study Life – Apapun tentang pembelajaran dan masih banyak lagi. Aplikasi terbaik untuk menemukan jadwal belajar, dan ada tugas, ujian, kerja kelompok, deadline dan kolaborasi kerja kelompok.
  2. StudyBlue – Mencari dan belajar online, mencatat menggunakan note. StudyBlue adalah salah satu aplikasi terbesar yang digunakan untuk metode belajar dan berbagi catatan pelajaran.
  3. GoConqr – Download, bermain teka teki, flashcards, kuis dan catatan untuk membantumu belajar lebih mudah

18Kursus Online:

Mempelajari kursus online dari berbagai universitas ternama di dunia dan menggali lebih dalam skill dengan belajar online.

  1. Coursera – Mengikuti kursus online kurang lebih 115 universitas ternama dan organisasi tentang edukasi, termasuk Stanford, Yale, Princeton, dan masih banyak lagi.
  2. edX – Salah satu aplikasi kursus (MOOC) yang memulai dan menjadi partner antara lain Harvard dan MIT untuk menawarkan Universitas dengan kursus terbaik. Belajar dan meningkatkan skill dengan mengikuti kelas berupa video di aplikasi androidmu.
  3. Khan Academy – Mempelajari dan jangan lewatkan pelajaran dari Universitas terbaik dalam pelajaran Matematika, Sejarah, Fisika, Ekonomi dan Ilmu Komputer.
  4. Udemy – Salah satu aplikasi kursus online yang diikuti kurang lebih oleh 6 Milliar siswa.
  5. UnlockYourBrain – Aplikasi unik untuk kamu yang khususnya mempelajari bahasa, matematika dan kuis.

17Ebook dan Audiobooks:

Simpan koleksi Ebookmu di Cloud dan dengarkan Audiobooks jika kamu menginginkannya.

  1. Free Books – Dilengkapi lebih dari 50,000 ebook gratis di aplikasi ini dan eksport ke aplikasi Kindle ketika kamu ingin membacanya.
  2. Speed Reader – Salah satu aplikasi paling terbaik yang pernah penulis coba untuk smartphone Android. Lebih efisien untuk smartphone berukuran layar kecil.
  3. Free Audiobooks – Dilengkapi lebih dari 2,800 Audiobooks dan kamu dapat mendownloadnya gratis.
  4. LibriVox – Dilengkapi lebih dari 15,000 Audiobooks di dalam Katalog LibriVox.
  5. Audible – Amazon audiobook menawarkan jasa untuk membaca buku terbaru dan format audiobooks. Free trial kemudian membayar 14,95 dollar perbulan.
  6. Overdrive – Meminjam ebooks, audiobooks, dan streaming video dari smartphonemu menggunakan Overdrive. Aplikasi ini mensupport lebih dari 30,000 buku di seluruh dunia.

16Podcast:

Belajar dengan cara mendengarkan dan berbicara dengan pengusaha, penulis, dan beberapa orang yang terkenal di dunia ini.

  1. Overcast – Aplikasi terbaik untuk podcast, lengkap dan gratis.
  2. Pocket Casts – Aplikasi yang pernah saya gunakan dengan fitur tampilan UI yang luar biasa dan fiturnya sangat lengkap. Harganya 4 Dollar

15Notes:

Menulis ide kreatifmu di simpan menggunakan Cloud dan memudahkan kamu untuk menggunakannya kembali.

  1. Evernote – Evernote adalah aplikasi terbaik untuk mencatat ide kreatif, menulis banyak kalimat dan bisa menyinkronkan dengan tulisanmu sebelumnya. Alat yang sederhana tapi dengan fitur luar biasa.

14Cerita Digital:

  1. Explain Everything – Aplikasi yang mudah digunakan, untuk screencasting dan papan tulis interaktif yang memperbolehkan kamu untuk menggambar, membuat narasi, import, export apapun dan darimanapun. Seharga 2,99 Dollar.
  2. Lensoo Create – Menggunakan Androidmu untuk menggunakan papan tulis virtual dengan fitur rekaman, video, menulis bersamaan dengan orang lain.
  3. WeVideo – Aplikasi ringan untuk membuat video pendek, foto story dan slide show menggunakan Androidmu.

13Membaca Berita:

  1. Flipboard – Menemukan konten inspiratif dari berbagai sumber berita akurat dan menjadikan Androidmu sebagai majalah dari berbagai website, artikel, video dan photo yang akan membuat kamu terinspirasi.
  2. LinkedIn Pulse – Sebuah aplikasi pro yang akan menampilkan berita professional khususnya seputar berita yang di tampilkan di Linked In.
  3. Zite – Sebuah aplikasi tentang metode pembelajaran dan membantumu menemukan minat yang akan kamu baca.
  4. Feedly – Subscribe untuk website yang kamu ikuti dan membacanya secara offline di RSS feed reader.

12Belajar Coding:

Mempelajari coding di Android atau Tabletmu? kedengarannya agak aneh namun kamu harus mencobanya.

  1. Udacity – Belajar tentang programming khususnya HTML, CSS, JavaScript, Phyton, Java dan masih banyak lagi.
  2. Treehouse – Belajar untuk membuat sebuah website, membuat aplikasi android, membuat aplikasi web menggunakan Ruby on rails dan PHP.

11Belajar Bahasa Asing:

Inilah beberapa aplikasi terbaik yang akan mempermudah kamu untuk menguasai sebuah bahasa asing.

  1. Duolingo – Duolingo adalah aplikasi favorit penulis untuk belajar bahasa asing. Aplikasi yang berbeda dan menyenangkan ketika kamu menginstallnya di Androidmu. Aplikasi mensupport Bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Italia dan Portugal.
  2. Memrise – Menggunakan “Ingatan” dimana memudahkan kita untuk mengingat sebuah kata atau kalimat. Aplikasi ini membuat daya ingat kita semakin baik.
  3. Learn Chinese (Mandarin) – Ingin sebuah tantangan? coba gunakan aplikasi ini.
  4. Learn English, Speak English – Salah satu aplikasi terbaik untuk berbicara bahasa inggris.

10Astronomi:

Membuat kamu bertanya-tanya dengan keindahan luar angkasa dan lebih dari sekedar lampu dijalanan.

  1. Star Walk – Mempelajari sebuah rasi bintang dan sangat mudah di gunakan. Cukup tahan aplikas ini menuju ke langit dan akan menemukan bintang secara otomatis, planet dan satelit. Aplikasi ini dijual dengan Harga 2,99 Dollar.
  2. Google Skymap – Menggunakan Skymap untuk mengindentifikasi bintang, satelit dan masih banyak lagi.
  3. NASA Aplikasi – Menyaksikan beberapa penelitian tentang bintang-bintang dari suatu galaksi. Aplikasi ini menampilkan lebih dari 11,700 gambar bintang dari luar angkasa dan 9,200 video dari seluruh misi yang dilakukan oleh NASA.
  4. Exoplanets – Mempelajari apa yang mereka ketahui tentang planet-planet misterius dan bagaimana cara mempelajari sebuah kehidupan selain di Bumi.

9Science:

  1. Ilmu Biologi Lengkap – Mempelajari ilmu tentang Biologi lebih dari 35 topik disertai dengan tutorial, formula, pertanyaan, praktek, dan kamus besar.
  2. Lab Kimia – Mempelajari dengan cara menyenangkan tentang senyawa kimia dan reaksinya.
  3. Rangkuman Fisika – Menampilakan beberapa formula fisika yang harus kamu pelajari disertai dengan gambar dan deskripsi lengkap.

8Matematika:

  1. Trik Matematika – Aplikasi jenius yang akan membantu kamu untuk mempelajari trik Matematika untuk meningkatkan cara berhitungmu.
  2. Math Workout – Latihan untuk memperdalam algoritma dan menyelesaikan beberapa masalah.
  3. Duel Matematika – Dua orang player berduel untuk memenangkan kecepatan berhitung.
  4. Pocket Matematika – Menampilkan beberapa rumus matematika yang perlu kamu pelajari dengan gambar dan deskripsi lengkap.
  5. Mathway – Aplikasi ini membantu menyelesaikan masalah dasar seperti trigonometri, calculus dan statistik.

7Geografi:

Mempelajari lebih banyak tentang geografi dari seluruh negara, ekosistem dan binatang.

  1. Google Earth – Menjelajahi sebuah planet dengan menggeserkan jarimu di layar Android.
  2. World Citizen – Sebauh game tentang Kuis dari berbagai negara, sistem pemerintahan dan bendera dari seluruh dunia.
  3. World FactBook – Aplikasi Android yang mempelajari tentang fakta dan menjelajahi beberapa database tentang peta dan informasi dari 250 negara serta wilayahnya.
  4. Project Noah – Sebuah Proyek untuk mendokumentasikan keanekaragaman hayati yang luar biasa di dunia.
  5. WWF Together – Salah satu Aplikasi inspiratif yang berhasil meraih penghargaan dari bagaimana aplikasi ini membuat kita lebih mengenal kehidupan hewan gajah, paus, badak dan spesies menarik lainnya.

6Musik:

Belajar bagaimana cara memainkan sebuah instrumen seperti Gitar. Meningkatkan cara menguasai sebuah alat musik.

  1. Gibson Lean & Master Gitar – Aplikasi tentang musik dengan menampilkan fitur standar seperti tuner, metronome, kord, dan cara memetik senar gitar.
  2. Belajar Kord Gitar – Mempelajari hal penting mengenai chord untuk gitar akustik ataupun gitar listrik.

5Berhenti Menunda-nunda:

  1. Clockword Tomato – Aplikasi ini membantu kamu termotivasi dengan menggunakan teknik Podomoro.
  2. Pomodroido – Sebuah aplikasi yang lebih keren di lengkapi dengan waktu, analisis, prestasi dan sistem manajemen tugas.
  3. App Detox – Mengatur set untuk mengurangi membuang-buang waktu yang akan menurunkan produktivitas mu.

4Hiburan:

Menyaksikan dialog inspirasi, menemukan dokumentasi dan mengetes kemampuan mu menggunakan beberapa kuis.

  1. TED Talks – Dialog resmi dari seorang Dosen, Pemimpin Bisnis dan beberapa Innovator.
  2. QuizUp – Salah satu game kuis terbesar di dunia. Lebih dari 700 untuk kamu pilih. Memainkan bersama teman atau kamu bisa menyelesaikannya sendiri.
  3. VLC Media Player – Menonton beberapa format video di Androidmu.
  4. 3D Brain – Menampilkan beberapa bagian otak, fungsinya dan apa yang terjadi jika salah satu bagian itu tidak berfungsi.
  5. YouTube – Kamu dapat menghibur dirimu tetapi kamu juga dapat mempelajarinya juga.
  6. Chess – Bermain catur dengan kurang lebih 10 Miliar orang di seluruh dunia.
  7. Sudoku – Menyelesaikan tantangan sudoku di Androidmu dengan 4 level berbeda.

3Melatih Otak:

Aplikasi yang akan melatih otakmu untuk meningkatkan dalam menyelasaikan beberapa masalah dan mengingatnya kembali.

  1. Elevate – Sebuah aplikasi personal yang akan melatih otakmu menjadi fokus, melatih skill berbicara, meningkatkan proses daya ingat, dan masih banyak lagi.
  2. Peak – Meningkatkan kemampuanmu dan melatih dengan menampilkan sisi unik dari aplikasi ini, keberhasilan, dan meningkatkan mental.
  3. Lumosity – Salah satu aplikasi populer untuk melatih otak lebih 60 Miliar pengguna.
  4. NeuroNation – Aplikasi dengan desain terbaik dan menampilkan secara ekslusif di Android.

2Solve Puzzles:

Meningkatkan kemampuan otakmu dan mempelajari berbagai cara menyelesaikan puzzle sederhana.

  1. Monument Valley – Aplikasi yang akan menjelajahi berbagai hal fanstastic dan geometry di jual dengan harga 3,99 Dollar.
  2. The Room Two – Aplikasi game yang meraih penghargaan dimana kamu dapat menyelesaikan sebuah misteri dan menjelajahi keindahan tampilan 3D. Aplikasi ini di jual dengan harga 2,99 dollar.
  3. 80 Days – Memilih salah satu desain 3D dari berbagai belahan dunia, menjelahi menggunakan pesawat, kapal selam dan masih banyak lagi. Beradu dengan pengguna lain dan membutuhkan waktu secepat mungkin untuk menyelesaikan teka-teki ini. Aplikasi ini di jual dengan harga 4,99 dollar.
  4. Aptitude & Logical Reasoning – Membantu dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan berfokus pada pertanyaan dan penalaran logis.

1Referensi:

Akses semua informasi referensi yang kamu butuhkan menggunakan Android.

  1. Wolfram Alpha – Sebuah mesin pencari. Aplikasi Wolfram Alpha memberikanmu akses fakta-fakta dunia,data dan menghitung jawaban atau komentar di berbagai topik. Aplikasi ini di jual dengan harga 2,99 Dollar.
  2. Dictionary.com – Kamus Bahasa Inggris terbaik dan tesaurus dengan lebih dari 2.000.000 definisi, sinonim dan antonim. Sebagian konten dapat di akses secara offline dan ada fitur keren seperti lafal audio, contoh kalimat, asal kata dan sejarah.
  3. RealCalc – Aplikasi terbaik kalkulator di jual dengan harga 9,99 dollar.
  4. Wikipedia – Jelajahi ensiklopedia dari seluruh penulis di dunia melalui Androidmu.
  5. InstaGrok – Sebuah mesin pencari edukasi yang memungkinkan kamu melakukan riset topik dengan peta konsep interaktif, Kamu juga dapat mengcustumizenya dan berbagi ke orang lain.

Apakah penulis melewatkan setiap aplikasi Android favoritmu yang Kamu gunakan untuk belajar? Silakan berbagi dengan semua orang di komentar.