Home Gadget 100 Aplikasi Edukasi Untuk iPhone Dan iPad

100 Aplikasi Edukasi Untuk iPhone Dan iPad

757
BAGIKAN

Bayangkan untuk sesaat, coba jelaskan sebuah smartphone iPhonemu dengan seseorang yang hidup di awal 1980-an sebelum pc, internet dan ponsel terkenal. Penulis yakin mereka akan benar-benar terpesona pada perkembangan zaman sekarang ini. Sebuah teknologi super yang pas dengan ukuran saku atau tas genggam berukuran kecil. Alat ini di buat bukan hanya untuk berkomunikasi tetapi juga sebuah alat untuk memfasilitasi cara belajar.

Ray Kurzweil, mengungkapkan smartphone dalam sudut pandangnya: ” smartphone di saku Anda adalah alat yang satu juta kali lebih murah, seribu kali lebih kuat dan seratus ribu kali lebih kecil dari komputer biasa dibandingkan 40 tahun yang lalu.” Sekarang, itu sangat luar biasa!

Dalam artikel ini, Penulis ingin menunjukkan Aplikasi Edukasi yang dapat digunakan untuk mengubah ponsel iPhonemu atau iPad menjadi media pembelajaran.

20Jadwal Belajar:

Terorganisir dengan baik, jadwal belajarmu setiap minggu dan membuat struktur untuk belajar.

  1. My Study Life – Apapun tentang pembelajaran dan masih banyak lagi. Aplikasi terbaik untuk menemukan jadwal belajar, dan ada tugas, ujian, kerja kelompok, deadline dan kolaborasi kerja kelompok.
  2. StudyBlue – Mencari dan belajar online, mencatat menggunakan note. StudyBlue adalah salah satu aplikasi terbesar yang digunakan untuk metode belajar dan berbagi catatan pelajaran.
  3. GroupMOOC – MOOC adalah singkatan dari (Massive Open Online Courses). Aplikasi ini mirip dengan Coursera dan edX. Mereka juga membuat tools ini sebagai media sharing.
  4. Brainscape – Aplikasi ini membantu kamu belajar dengan tampilan aplikasi yang simple dan unik.

19Kursus Online:

Mempelajari kursus online dari berbagai universitas ternama di dunia dan menggali lebih dalam skill dengan belajar online.

  1. Coursera – Mengikuti kursus online kurang lebih 115 universitas ternama dan organisasi tentang edukasi, termasuk Stanford, Yale, Princeton, dan masih banyak lagi.
  2. edX – Salah satu aplikasi kursus (MOOC) yang memulai dan menjadi partner antara lain Harvard dan MIT untuk menawarkan Universitas dengan kursus terbaik. Belajar dan meningkatkan skill dengan mengikuti kelas berupa video di aplikasi iPhonemu.
  3. iTunes U – Aplikasi ini mengizinkan kamu mengakses kursus dari beberapa Universitas ternama. Penulis mereview aplikasi ini, tentang berita ataupun artikel lebih mudah di mengerti ketimbang Coursera dan edX.
  4. Khan Academy – Mempelajari dan jangan lewatkan pelajaran dari Universitas terbaik dalam pelajaran Matematika, Sejarah, Fisika, Ekonomi dan Ilmu Komputer.
  5. Udemy – Salah satu aplikasi kursus online yang diikuti kurang lebih oleh 6 Milliar siswa.

18Ebook dan Audiobooks:

Simpan koleksi Ebookmu di Cloud dan dengarkan Audiobooks jika kamu menginginkannya.

  1. Free Books – Dilengkapi lebih dari 23,469 ebook gratis di aplikasi ini dan eksport ke aplikasi Kindle dan iBooks ketika kamu ingin membacanya.
  2. Acceleread – Aplikasi terbaik yang pernah terinstall di iPhone. Aplikasi ini sangat keren untuk tampilah layar yang kecil.
  3. Free Audiobooks – Dilengkapi lebih dari 4,728 Audiobooks dan kamu dapat mendownloadnya gratis.
  4. Audible – Amazon audiobook menawarkan jasa untuk membaca buku terbaru dan format audiobooks. Free trial kemudian membayar 14,95 dollar perbulan.
  5. Overdrive – Meminjam ebooks, audiobooks, dan streaming video dari smartphonemu menggunakan Overdrive. Aplikasi ini mensupport lebih dari 30,000 buku di seluruh dunia.
  6. Blinkist – Dapatkan review menarik dari beberapa buku terkenal di dunia.

17Podcast:

Belajar dengan cara mendengarkan dan berbicara dengan pengusaha, penulis, dan beberapa orang yang terkenal di dunia ini.

  1. Overcast – Aplikasi terbaik untuk podcast, lengkap dan gratis.
  2. Pocket Casts – Aplikasi yang pernah saya gunakan dengan fitur tampilan UI yang luar biasa dan fiturnya sangat lengkap. Harganya 4 Dollar
  3. Downcast – Aplikasi lainnya dari aplikasi diatas.

16Notes:

Menulis ide kreatifmu di simpan menggunakan Cloud dan memudahkan kamu untuk menggunakannya kembali.

  1. Evernote – Evernote adalah aplikasi terbaik untuk mencatat ide kreatif, menulis banyak kalimat dan bisa menyinkronkan dengan tulisanmu sebelumnya. Alat yang sederhana tapi dengan fitur luar biasa.
  2. MarginNote Reader – Menampilkan batas halaman, mengelola catatanmu. Lebihnya aplikasi ini dapat kamu sinkronkan dengan aplikasi Evernote.
  3. Audiomark – Aplikasi ini untuk belajar menulis online dimana kamu dapat streaming seperti aplikasi Coursera, edX, Podcast, Ngobrol dan Audiobooks. Dengan Aplikasi ini kamu dapat membookmark bagian yang kamu sukai dan dapat juga kamu sinkronkan dengan Evernote.
  4. SoundNote – Mungkin daripada menulis lebih simple dan mudah dengan cara mengucapkannya. Yah, aplikasi ini memudahkan kamu yang ingin menulis sesuatu tetapi dengan cara mengucapkannya.

15Cerita Digital:

Bisa menggunakan foto dan video untuk menceritakan tentang kamu dengan pengguna diseluruh dunia.

  1. StoreHouse – Menggabungkan beberapa foto, video dan text cerita mu menggunakan aplikasi ini.
  2. Adobe Voice – Aplikasi ini akan merekam suaramu dan menampilkan beberapa animasi yang sesuai dengan apa yang kamu bicarakan. Seperti Dubsmash, namun lebih ke sebuah aplikasi yang hanya memperbolehkanmu bercerita.

14Membaca Berita:

  1. Flipboard – Menemukan konten inspiratif dari berbagai sumber berita akurat dan menjadikan iPhonemu sebagai majalah dari berbagai website, artikel, video dan photo yang akan membuat kamu terinspirasi.
  2. LinkedIn Pulse – Sebuah aplikasi pro yang akan menampilkan berita professional khususnya seputar berita yang di tampilkan di Linked In.
  3. Zite – Sebuah aplikasi tentang metode pembelajaran dan membantumu menemukan minat yang akan kamu baca.
  4. Feedly – Subscribe untuk website yang kamu ikuti dan membacanya secara offline di RSS feed reader.
  5. Paper – Dengan log in menggunakan facebook memudahkan kamu untuk membaca berita dari beberapa pengguna yang menggunakan aplikasi serupa. Khusus untuk iPhone.
  6. Pocket – Simpan/bookmark beberapa artikel menarik di dalam aplikasi ini, kamu dapat membaca secara online ataupun offline.
  7. Babe – Aplikasi yang sangat fenomenal dimana kamu dapat menemukan berita akurat yang di kemas dengan bahasa yang mudah di mengerti dan memilih dari banyak berita. Aplikasi milik Indonesia

13Belajar Coding:

Mempelajari coding di iPhone atau iPadmu? kedengarannya agak aneh namun kamu harus mencobanya.

  1. Udacity – Belajar tentang programming khususnya HTML, CSS, JavaScript, Phyton, Java dan masih banyak lagi.
  2. Code Hour – Mempermudah kamu untuk mempelajari bagian dasar dari koding atau kamu juga dapat mengakses ke websitenya Codecademy.
  3. Swifty – Mulai belajar bahasa pemrograman Apple dan lebih dari 200 metode interaktif.
  4. Treehouse – Belajar untuk membuat sebuah website, membuat aplikasi iPhone, membuat aplikasi web menggunakan Ruby on rails dan PHP.

12Belajar Bahasa Asing:

Inilah beberapa aplikasi terbaik yang akan mempermudah kamu untuk menguasai sebuah bahasa asing.

  1. Duolingo – Duolingo adalah aplikasi favorit penulis untuk belajar bahasa asing. Aplikasi yang berbeda dan menyenangkan ketika kamu menginstallnya di iPhonemu. Aplikasi mensupport Bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Italia dan Portugal.
  2. Memrise – Menggunakan “Ingatan” dimana memudahkan kita untuk mengingat sebuah kata atau kalimat. Aplikasi ini membuat daya ingat kita semakin baik.
  3. Learn Chinese (Mandarin) – Ingin sebuah tantangan? coba gunakan aplikasi ini.

11Astronomi:

Membuat kamu bertanya-tanya dengan keindahan luar angkasa dan lebih dari sekedar lampu dijalanan.

  1. Sky Guide – Mempelajari tentang tata surya, susunan bintang dengan cara yang lebih simple dan lebih efektif. Cukup dengan mengarahkan iPhonemu kelangit secara otomatis aplikasi ini akan memberitahukan informasi bintang, planet dan satelit. Aplikasi ini di jual dengan harga 1,99 dollar.
  2. SkyView – Aplikasi gratis untuk mengidentikasi bintang, planet, satelit dan masih banyak lagi.
  3. NASA Aplikasi – Menyaksikan beberapa penelitian tentang bintang-bintang dari suatu galaksi. Aplikasi ini menampilkan lebih dari 11,700 gambar bintang dari luar angkasa dan 9,200 video dari seluruh misi yang dilakukan oleh NASA.
  4. Exoplanets – Mempelajari apa yang mereka ketahui tentang planet-planet misterius dan bagaimana cara mempelajari sebuah kehidupan selain di Bumi.

10Science:

Mempelajari lengkap tentang Ilmu sains dari seluruh dunia.

  1. Journey of Invention – Menelusuri tentang sejarah dan teknologi dari masa lalu. Khusus untuk iPad. Aplikasi ini di jual dengan harga 9,99 dollar.
  2. Essential Anatomy 5 – Dengan menggunakan tampilan 3D kamu dapat mempelajari bagian-bagian dari tubuh manusia. Dari beberapa artikel penulis baca bahwa aplikasi ini adalah aplikasi yang sering di gunakan oleh para dokter bedah.
  3. Just Science – Menjelajahi tentang bumi dari 1800 sampai dengan tahun 2009.
  4. Science 360 – Aplikasi yang sangat menarik khusus untuk jurusan Teknik. Menampilkan gambar dan video dari Bumi. Aplikasi ini khusus untuk iPad.
  5. NASA Earth As Art – Mempelajari dari beberapa gambar tentang Planet, bentuk permukaan bumi, tekstur dari daratan, laut, es, dan atmosfer. Patut di coba. Khusus untuk iPad.
  6. 3D Brain – Mempelajari tentang bagian-bagian otak dari manusia dengan tampilan 3 Dimensi.

9Matematika:

Meningkatkan ilmu pengetahuanmu tentang Matematika dan alternatifnya kamu bisa menggunakan aplikasi di bawah ini.

  1. Mathway – Aplikasi ini membantu menyelesaikan masalah dasar seperti trigonometri, calculus dan statistik.
  2. Math Ref – Kamu dapat memilih lebih dari 1,400 penyelesaian masalah mulai dari pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan masih banyak lagi.
  3. Photo Math – Menggunakan desain inovatif untuk membantumu menyelesaikan soal matematika dengan cara mengarahkan kamera iPhonemu dan akan menampilkan jawabannya. Tetapi, tidak 100% berhasil.
  4. Free Graphing Calculator – Aplikasi calculator yang sangat lengkap. Dengan aplikasi ini kamu dapat menghitung apa saja, termasuk menghitung kadar cinta dia ke kamu.
  5. Math by YourTeacher – Aplikasi terbaik untuk iPhone dan iPad. Lebih dari 50 kursus untuk SD, SMP dan SMA.
  6. Mathemagics – Belajar tentang bagaimana menyelesaikan soal matematika dengan jalan pintas. Sangat disarankan untuk kamu.

8Geografi:

Mempelajari lebih banyak tentang geografi dari seluruh negara, ekosistem dan binatang.

  1. Google Earth – Menjelajahi sebuah planet dengan menggeserkan jarimu di layar iPhone.
  2. Learn World Geography – Mempelajari tentang negara di seluruh dunia, pemerintahan dan bentuk-bentuk daratan.
  3. World FactBook – Aplikasi iPhone yang mempelajari tentang fakta dan menjelajahi beberapa database tentang peta dan informasi dari 250 negara serta wilayahnya.
  4. Project Noah – Sebuah Proyek untuk mendokumentasikan keanekaragaman hayati yang luar biasa di dunia.
  5. WWF Together – Salah satu Aplikasi inspiratif yang berhasil meraih penghargaan dari bagaimana aplikasi ini membuat kita lebih mengenal kehidupan hewan gajah, paus, badak dan spesies menarik lainnya.
  6. Our Choice – Mempelajari tentang bagaimana solusi kita untuk menghentikan Banjir dan Pemanasan Global. Khusus iPad.

7Sejarah:

  1. The Pyramids – Mempelajari secara detail tentang bentuk kuno 3D dari Piramid.
  2. History Here – Interaktif, mempelajari lebih dari 1000 lokasi bersejarah dari negara Amerika Serikat dan sekitarnya.
  3. Timeline Eons – Menampilkan pencarian terkini dari Ilmu sejarah dan sejarah peradaban manusia.
  4. Video Time Machine – Mengulas kilah balik tentang peradaban, kamu bisa melihat lebih dari 20,000 video mulai dari tahun 1860 hingga 2013. Aplikasi ini di jual dengan harga 2,99 dollar.

6Musik:

Belajar bagaimana cara memainkan sebuah instrumen seperti Gitar. Meningkatkan cara menguasai sebuah alat musik.

  1. Songsterr – Aplikasi yang paling banyak di gunakan, menampilkan lebih dari 500,000 tab dan gitar. Aplikasi sempurna yang di lengkapi dengan suara gitar ketika kita memainkan sebuah kunci lagu.
  2. Video Guitar Lessons – Aplikasi gratis yang tidak kalah dengan aplikasi lainnya, mempelajari sebuah kord gitar disertakan dengan video.
  3. Guitar Jam Tracks – Belajar bagaimana cara memainkan gitar dengan cara yang mudah di lengkapi dengan 5 gaya berbeda: Rock, Accoustic, Blues, Humbucker Blues, Jazz dan Reggae. Aplikasi ini di jual dengan harga 3,99 dollar.
  4. Free Guitar Videos – Lebih dari 100 cara memainkan gitar untuk pemula di lengkapi dengan tab dan cara memetik senar gitar.
  5. GuitarBots – Sungguh, benar benar kreatif. Aplikasi ini mengajarkan cara bermain gitar termudah, menyenangkan, dan motivasional.

5Berhenti Menunda-nunda:

Buanglah jauh-jauh rasa malasmu, dan kurangi dengan aplikasi dibawah ini.

  1. Flat Tomato – Buang kebiasaan mu menunda-nunda menggunakan aplikasi ini. Menggunakan teknik Podomoro untuk melacak aktivitas Anda.
  2. Procaster – Tujuan aplikasi ini adalah untuk membuat kamu lebih rajin. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengingatkan sebuah proyek, tugas kuliah, mengatur waktumu. Sangat di anjurkan untuk penyakit menunda kronis.
  3. Unstuck – Menawarkan aplikasi digital yang dapat membantu kamu ketika tidak bisa memikirkan sesuatu. Tidak peduli dengan keadaanmu sekarang. Patut di coba.

4Hiburan:

Menyaksikan dialog inspirasi, menemukan dokumentasi dan mengetes kemampuan mu menggunakan beberapa kuis.

  1. TED Talks – Dialog resmi dari seorang Dosen, Pemimpin Bisnis dan beberapa Innovator.
  2. QuizUp – Salah satu game kuis terbesar di dunia. Lebih dari 700 untuk kamu pilih. Memainkan bersama teman atau kamu bisa menyelesaikannya sendiri.
  3. Audvisor – Menampilkan smartlist video dari beberapa dialog kurang lebih dengan durasi 3 menit.
  4. Catena – Menguji seberapa jauh kamu menguasai kata-kata.
  5. Flixfindr – Aplikasi yang memudahkan kamu menonton film ataupun melihat review dari beberapa channel seperti Netflix, HBOGo, iTunes, Hulu, Amazon, dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih menggunakan Skor, Rating, Tahun dan Genre.
  6. Chess – Bermain catur dengan kurang lebih 10 Miliar orang di seluruh dunia.
  7. Sudoku – Menyelesaikan tantangan sudoku di iPhonemu dengan 4 level berbeda.

3Melatih Otak:

Aplikasi yang akan melatih otakmu untuk meningkatkan dalam menyelasaikan beberapa masalah dan mengingatnya kembali.

  1. Elevate – Sebuah aplikasi personal yang akan melatih otakmu menjadi fokus, melatih skill berbicara, meningkatkan proses daya ingat, dan masih banyak lagi.
  2. Peak – Meningkatkan kemampuanmu dan melatih dengan menampilkan sisi unik dari aplikasi ini, keberhasilan, dan meningkatkan mental.
  3. Lumosity – Salah satu aplikasi populer untuk melatih otak lebih 60 Miliar pengguna.

2Solve Puzzles:

Meningkatkan kemampuan otakmu dan mempelajari berbagai cara menyelesaikan puzzle sederhana.

  1. Monument Valley – Aplikasi yang akan menjelajahi berbagai hal fanstastic dan geometry di jual dengan harga 3,99 Dollar.
  2. The Room Two – Aplikasi game yang meraih penghargaan dimana kamu dapat menyelesaikan sebuah misteri dan menjelajahi keindahan tampilan 3D. Aplikasi ini di jual dengan harga 2,99 dollar.
  3. Device 6 – Seperti cerita film bergenre Thriller.
  4. Windosill – Seperti menjelajahi dunia mimpi dimana ada bangunan yang sangat indah, puzzle pertambahan pengurangan, mainan, dan buku. Aplikasi ini di jual dengan harga 2,99 dollar.
  5. Harmony 2 – Sebuah game puzzle yang menampilkan keindahan warna dan musik yang enak di dengar, menjadikannya Harmony. Aplikasi ini di jual dengan harga 1,99 dollar.
  6. 80 Days – Memilih salah satu desain 3D dari berbagai belahan dunia, menjelahi menggunakan pesawat, kapal selam dan masih banyak lagi. Beradu dengan pengguna lain dan membutuhkan waktu secepat mungkin untuk menyelesaikan teka-teki ini. Aplikasi ini di jual dengan harga 4,99 dollar.
  7. Lyne – Simple, Kompleks. Lyne adalah tampilan game puzzle minimalis yang tak pernah terbayangkan. Aplikasi ini di jual dengan harga 2,99 dollar.

1Referensi:

Akses semua informasi referensi yang kamu butuhkan menggunakan iPhone.

  1. Wolfram Alpha – Sebuah mesin pencari. Aplikasi Wolfram Alpha memberikanmu akses fakta-fakta dunia,data dan menghitung jawaban atau komentar di berbagai topik. Aplikasi ini di jual dengan harga 2,99 Dollar.
  2. Dictionary.com – Kamus Bahasa Inggris terbaik dan tesaurus dengan lebih dari 2.000.000 definisi, sinonim dan antonim. Sebagian konten dapat di akses secara offline dan ada fitur keren seperti lafal audio, contoh kalimat, asal kata dan sejarah.
  3. PCalc – Aplikasi yang memberikan referensi tentang ilmu-ilmu Ilmiah.
  4. WikiWeb – Seperti wikipedia namun dengan tampilan, dan fitur yang sangat lengkap. Aplikasi ini di jual dengan harga 4,99 dollar.
  5. InstaGrok – Sebuah mesin pencari edukasi yang memungkinkan kamu melakukan riset topik dengan peta konsep interaktif, Kamu juga dapat mengcustumizenya dan berbagi ke orang lain.

Apakah penulis melewatkan setiap aplikasi iPhone favoritmu yang Kamu gunakan untuk belajar? Silakan berbagi dengan semua orang di komentar.